Wisata Air Milik Karang Taruna Cigudeg Ditutup Satpol PP

Rabu, 14 Oktober 2020 - 15:58 WIB

BOGOR – Wahana wisata Air Batu Warna di Desa Bunar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, ditutup paksa Satpol PP Kecamatan setempat, Rabu (14/10/2020).

Destinasi wisata murah meriah yang dibangun Karang Taruna setempat ini ditutup karena tak memiliki izin dan dikeluhkan warga karena diduga berdampak pada pencemaran air Kali Cidurian yang menjadi sumber air lokasi tersebut.

Padahal, seperti diakui Pudin (42), warga Desa Bunar, dengan adanya wisata air itu membuat warga tidak bisa lagi menggunakan air kali Cidurian tersebut untuk mandi, mencuci, dan BAB.

“Kali Cudurian ini sehari harinya, air nya digunakan untuk kebutuhan warga desa bunar untuk mandi cuci dan kakus setiap harinya. Saat ini warga merasa terganggu dengan adanya wisata air batu warna itu, pasalnya warga sekitar tidak bisa memanfaatkan air kali itu,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (14/10/2020).

Baca juga :  Rabu 15 April, Pasien Positif Covid-19 di Kab Bogor Bertambah, 1 PDP Meninggal Dunia

Pudin menambahkan, harusnya pihak dari Karang Taruna Desa Bunar sebelumnya melakukan sosialisasi atau musyawarah kepada masyarakat, bahwa kali Cudurian tersebut akan dibuat tempat wisata air untuk umum.

Namun sampai saat ini masyarakat tidak pernah tahu kalau kali Cudurian itu akan dibuat tempat wisata oleh Karang Taruna Desa Bunar.

“Harusnya sosialisasi dan musyawarah dulu dengan masyarakat, jangan segala sesuatu nya masyarakat tidak pernah dilibatkan, kan setiap tempat usaha itu harus mengantongi izin lingkungan dari masyarakat, sementara lahan parkir saja masih milik masyarakat gimana masyarakat tidak resah dengan ada nya wisata air batu warna ini,” keluhnya.

Baca juga :  Prioritaskan Zona Merah, PSBB Kabupaten Bogor Dimulai Rabu

Dirinya meminta Pemerintah Kecamatan Cigudeg melalui Satpol PP segera menutup kegiatan tempat usaha wisata air yang di prakarsai Karang Taruna Desa Bunar itu segera ditutup, karena masyarakat resah dan merasa terganggu dengan adanya wisata tersebut.

“Warga tidak bisa menggunakan air kali Cudurian tersebut untuk mandi, mencuci dan BAB, karna dilokasi itu ada kegiatan usaha wisata air batu warna yang katanya dibentuk oleh Bumdes melalui Karang Taruna. Warga minta ditutup lokasi wisata air itu, karena mengganggu warga,” pintanya.

Baca juga :  Gubernur: Kebutuhan APD dan Masker di Jabar Akan Terpenuhi

Sementara itu, Kasi Pol PP Kecamatan Cigudeg, Saepul Hupad mengatakan, lokasi wisata air Batu Warna itu memang belum ada izin lingkungan. “Saat ini lokasi wisata air tersebut kami tutup sementara atas dasar laporan dari masyarakat sekitar. Lokasi wisata itu kami tutup sementara karna belum memiliki izin lingkungan. Jika sudah memiliki izin lingkungan, saya memastikan wisata itu akan diperbolehkan operasi kembali,” terangnya.

Saepul juga menjelaskan, untuk sementara lokasi wisata itu akan diawasi dan dilakukan pemantauan oleh Satpol PP Kecamatan Cigudeg.” Pol PP akan melakukan pemantauan setiap hari,” pungkasnya. GUS

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Beberapa Jam Jelang PSBB, Pasien Positif Covid-19 Bertambah 7 Orang

Uncategorized

Beberapa Jam Jelang PSBB, Pasien Positif Covid-19 Bertambah 7 Orang
Ditengah Pandemik Covid-19, Kapolres Bogor Ungkap Kasus Jaringan Narkoba

Uncategorized

Ditengah Pandemik Covid-19, Kapolres Bogor Ungkap Kasus Jaringan Narkoba
Lawan Covid-19, Karang Taruna Karbar : Pemuda Harus Tunjukan Peran dan Fungsinya

Uncategorized

Lawan Covid-19, Karang Taruna Karbar : Pemuda Harus Tunjukan Peran dan Fungsinya
Bupati Bogor Pantau Simulasi PSBB

Uncategorized

Bupati Bogor Pantau Simulasi PSBB