Wapres JK: Deklarasi Perdamaian Pandangan Al-Quran

BOGOR, kabar1.com – Pertemuan trilateral ulama Afghanistan, Indonesia, dan Pakistan yang berlangsung di Istana Bogor menghasilkan sebuah deklarasi perdamaian. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan deklarasi tersebut merupakan pandangan Alquran tentang perdamaian.

“Sebagaimana yang telah kita dengarkan bersama, Bogor Ulama Declaration for Peace berisi pandangan ulama dari tiga negara tentang pendamaian, berdasarkan firman Allah dalam Alquran dan sunnah Rasul yang tentu telah dihasilkan dalam musyawarah hari ini,” ujar JK di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/5/2018).

Menurut JK, umat Islam saat ini hidup pada masa di mana mereka tidak dapat mendengarkan langsung perintah Nabi Muhammad SAW. Untuk itu umat Islam akan mendengarkan ulama.

Baca juga :  Ekonomi Negara Makin Memburuk

“Karena ulama adalah pewaris para nabi. Dari konferensi ini ulama menyampaikan pesan perdamaian yang dinamakan Bogor Ulama Declaration for Peace (BUDP),” kata JK.

Deklarasi ini menjadi catatan sejarah karena bentuk dukungan dan kontribusi ulama bagi perdamaian. JK menyebut deklarasi para ulama itu sangat bermakna bagi seluruh umat Islam dalam upaya menciptakan perdamaian dan stabilitas keamanan di Afghanistan.

“Ke depan upaya ini tidak boleh berhenti. Ulama tiga negara ini dapat menjadi motor penggerak bagi pertemuan ulama ini yang lebih luas. Proses perdamaian yang inklusif perlu segera dilakukan,” ucapnya.
“Indonesia siap untuk terus berkontribusi dalam peace process di Afganistan. Adalah niat dan harapan yang tulus dari kami, ulama pemerintah dan rakyat Indonesia, untuk melihat perdamaian di Afganistan, perdamaian yang telah lama dinantikan,” imbuhnya.

Baca juga :  Pemimpin Harus Punya Power, Follower dan Konsep

JK berharap para pemangku kepentingan di Afghanistan tidak kehilangan harapan, dan terus berupaya agar perdamaian segera terwujud.

“Semoga dengan niat tulus ini Allah memberikan taufiqnya kepada kita sebagaimana firman Allah dalam surat An-Nisa ayat 59. Jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikan ia kepada Allah dan Rasulnya. Jika engkau benar-benar beriman kepada Allah dan hari akhir, demikian ini lebih utama dan lebih baik akibatnya,” jelas JK.

Baca juga :  Akhir Perjalanan Gembong Narkoba Jaringan Internasional Berakhir Ditangan Petugas BNN

“Semoga Allah SWT mendamaikan segala perselisihan, menyatukan hati kita dalam kebaikan, dan membimbing kita semua dlm upaya yg kita lalukan,” lanjutnya.

Sebelumnya, JK juga mengatakan jika umat Islam Indonesia merupakan satu kesatuan dengan umat Islam lainnya di dunia ini. Umat Muslim Indonesia juga ikut merasakan penderitaan kaum Muslimin di negara lain akibat konflik dan perang yang berkepanjangan.

“Pemerintah dan rakyat Indonesia terus bahu membahu membantu perjuangan saudara kita di Palestina, Afghanistan, dan berbagai wilayah konflik lainnya,” tuturnya.FUZ*