Wahid Foundation Bentuk Kampung Damai di Bogor

45

BOGOR, kabar1.com – Yayasan Wahid Foundation bersama sejumlah tokoh dan masyarakat Kecamatan Kemang mengadakan sebuah dialog dan pengenalan Forum Desa yang meluncurkan program Kampung Damai belum lama ini.

Menurut CO Wahid Foundation cabang Bogor Gugun Rahmat, program Kampung Damai adalah suatu ikhtiar kolektif anak bangsa untuk menciptakan suasana kondusif dan saling menhormati antar sesama warga masyarakat dan warga negara.

“Kampung Damai dibentuk agar tidak ada lagi sikap diskriminatif dan intoleran atas berbagai perbedaan yang ada di nusantara. Sekaligus sebagai wadah pemberdayaan dan edukasi masyarakat,” ujar Gugun Rahmat kepada wartawan.

Forum desa dan program kampung damai, lanjut Gugum, telah dijalankan Wahid Foundation di berbagai wilayah provinsi. Untuk wilayah Kabupaten Bogor sudah ada 3 (tiga) kecamatan yang menjadi pilihan sebagai lokasi berjalanya program kampung damai yaitu Kecamatan Tajurhalang, Kemang dan Parung.

“Sebelumnya ada proses assesmen dan riset terhadap kondisi daeerah yang jadi target program,” paparnya.

Masih kata Gugun, pembentukan forum desa dan kampung damai dilakukan lewat metode bottom up dari tataran masyarakat dengan target awal yaitu pemberdayan ekonomi keluarga melalui kaum ibu.
“Kita mulai dari masyarakat , lalu bertahap hingga tingkatan aparatur pemerintah. Target pe.berdayaan ekonomi kaum perempuan adalah hasil assesmen dan riset, bahwa lemahnya ekonomi adalah faktor pemicu sikap intoleransi.” papar Gugun.

Sementara salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Kemang Asep Mulyadi menyatakan sangat mendukung adanya program forum desa dan kampung damai yang dipelopori Wahid Foundation.

“Tentu giat semacam ini perlu disukung sebagai implementasi dari komitmen semua warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang satu yaitu Indonesia,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Tagor ini menambahkan, bahwa persatuan dan kesatuan, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan komitmen NKRI adalah nilai – nilai fondasi fundamental yang sudah final dan harus dilaksanakan oleh aeluruh bangsa Indonesia.

“Kampung damai ini adalah salah satu program yang bagus demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Makanya saya mendukung dan bergabung dalam program ini.” pungkasnya. (RIE)

Komentar anda