TNI/Polri Siap Berikan Rasa Aman Selama Arus Mudik

Home / Pemerintahan

Rabu, 6 Juni 2018 - 21:36 WIB

JAKARTA, kabar1.com – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan bahwa sejumlah target pelaksanakan operasi tersebut yakni pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran.

“Selama ini banyak perbaikan infrastruktur dan relatif (tahun ini) lebih baik dari tahun sebelumnya,” katanya, Rabu (6/6/2018).

Ia mengatakan bahwa pada Jumat, 8 Juni 2018, diperkirakan arus mudik akan mulai meningkat. “Kami kerahkan kekuatan baik TNI, Polri, jajaran pemda dan segenap personel instansi terkait di semua titik yang kami nilai rawan macet, rawan kejahatan,” katanya.

Tito memperkirakan bahwa arus mudik dan arus balik pada 2018 akan lebih baik dibanding dengan tahun 2017 karena infrastruktur jalan Tol Trans Jawa sudah bisa dipergunakan meski sebagian masih bersifat fungsional.

Baca juga :  Bocimi Siap Digunakan Mudik Tahun Ini

“Sudah dilakukan pengecekan berkali-kali jalur Pantura, jalur Selatan dan Tengah,” katanya.

Dalam kesempatan itu, mantan Kapolda Metro Jaya tersebut mengimbau agar pemudik tidak menggunakan sepeda motor saat pulang kampung. “Karena roda dua lebih rawan kecelakaan,” katanya.

Dia mendorong pemudik sepeda motor untuk mengalihkan moda transportasi ke mudik bersama menggunakan bus yang diadakan sejumlah instansi pemerintah.

Sementara untuk menjamin keamanan masyarakat yang hendak mudik, pihaknya akan mengerahkan tim gabungan Operasi Ketupat untuk berjaga di stasiun, bandara, terminal bus dan sejumlah fasilitas umum dan pusat perbelanjaan.

“Kami petakan kerawanan kejahatan konvensional, seperti copet, jambret, hipnotis, pembiusan. Kami ada operasi khusus untuk itu,” katanya. “Harapannya, operasi ini dapat membuat masyarakat aman dan nyaman dalam merayakan hari suci,” pungkasnya.

Baca juga :  Pemimpin Harus Punya Power, Follower dan Konsep

Sementara Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan TNI dan Polri telah mendapatkan amanah, kepercayaan, dan kehormatan dari rakyat untuk memberi rasa aman, membangun ketenangan, mewujudkan ketertiban, dan menjadikan iklim kondusif agar masyarakat aman selama mudik.

“Semua ini tidak lepas dari semangat, disiplin, tanggung jawab, militansi, dan loyalitas dengan tetap berpegang teguh pada perintah atasan,” kata Panglima TNI bersama Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat 2018” dalam rangka Pengamanan Lebaran 2018 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (6/6).

Baca juga :  Dishub Cianjur Maksimalkan PJU

Menurut Panglima TNI, kepercayaan dan kehormatan merupakan buah dari dedikasi dan pengabdian selama ini yang dilakukan dengan baik, tanpa lelah dan pamrih.

“Saya mengucapkan terima kasih dan juga menyampaikan rasa bangga kepada prajurit TNI/Polri di seluruh tanah air dan instansi terkait lainnya karena mampu memberikan darmabakti terbaik kepada Ibu Pertiwi,” tuturnya.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyebutkan satu hal yang menjadi kunci keberhasilan tugas tersebut adalah adanya sinergi, kerja sama, dan kolaborasi yang erat setiap komponen yang terkait dalam Operasi Ketupat 2018.FUZ