Home / Daerah / Pemerintahan / Teknologi

Minggu, 23 Februari 2020 - 15:28 WIB

Tangsel Punya ADM Pertama di Indonesia

SERPONG – Inovasi terbaru soal kependudukan di Tangerang Selatan resmi dioperasikan. Hebatnya, terobosan ini merupakan yang pertama ada di Indonesia. Ya, Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang diresmikan langsung Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, di Teras Kota, Serpong, Tangsel, Minggu (23/2/2020) ini merupakan mesin yang dapat melayani kebutuhan administrasi kependudukan warga.

Airin Rachmi Diany mengucapkan rasa syukur dan terima kasih Kepada jajaran Dinas Dukcapil Tangsel, atas terciptanya inovasi layanan Adminduk yang kini semakin menjangkau masyarakat.

Baca juga :  Pemkot Tangsel Dapat Dana Insentif Daerah Sebesar Rp 30 Miliar

“Dengan hadirnya ADM di Mal, maka masyarakat mendapat pelayanan lebih baik lagi. Ini menambah kedekatan jarak pelayanan kita kepada masyarakat dan menjadi alternatif pilihan, karena saya tahu 50 persen masyarakat Tangsel bekerja di Jakarta,” terang Airin.

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan, menjelaskan, ADM ini pertama di Indonesia, dan pelayananya setiap hari kecuali hari Kamis.

“ADM menyerupai mesin pengambilan uang ATM ini, diperuntukkan bagi 7 jenis pelayanan administrasi kependudukan warga Kota Tangsel, diantaranya, KTP, KK, KIA, Akta Kelahiran, Kematian, Perkawinan dan Perceraian,” kata Kepala Dinas Dukcapil Dedi Budiawan di Teras Kota Mall, Tangerang Selatan, Minggu (23/02/2020).

Baca juga :  Kompi Kavaleri Berhasil Usir Mundur Gerakan Pengacau Keamanan

Tangsel Punya ADM Pertama di IndonesiaNantinya, setiap warga Tangsel, pemohon pembuatan 7 dokumen administrasi kependudukan (adminduk), bisa mendatangi Mal Teras Kota, untuk melakukan verifikasi dan validasi data kependudukan.

“Setelah data terverifikasi dan tervalidasi, maka pencetakannya dilakukan melalui mesin tersebut. Pertama warga melakukan register tidak lagi ke Dukcapil, verifikasi dan validasi dilakukan di sini sendiri melalui barcode atau dengan sidik jari pemohon, kemudian pencetakan melalui mesin ini juga,” katanya.

Baca juga :  PKL Pasar Serpong Ditertibkan

Untuk penerbitan KTP dengan ADM di Teras kota, hanya dibatasi 100 pencetakan dan penertbitan KIA debanyak 50 penerbitan.

“Buka sabtu sampai Rabu dari jam 10.00 sampai pukul 18.00 wib. Sementara kuota pencetakan ktp el 100 kartu perhari dan KIA, 50 kartu per hari,” pungkasnya. */STR/ZAN

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Pemerintahan

Bupati Yanti Buka Diklat Pemberdayaan Masyarakat

Pemerintahan

Menuju Smart City, Diskominfo Gelar Sosialisasi Penataan Domain

Daerah

Ating: Keluarga Harus Jadi Benteng Kokoh Moral AnakĀ 
Bentuk Tim Gabungan, Mendagri Pantau Dana Desa Setiap Bulan

Pemerintahan

Bentuk Tim Gabungan, Mendagri Pantau Dana Desa Setiap Bulan