Home / Pendidikan

Rabu, 19 September 2018 - 23:55 WIB

Tak Punya SK, Ribuan Guru Honor Ilegal?

BOGOR,kabar1.com – Ribuan guru honor di Kabupaten Bogor mendesak Bupati Bogor, Nurhayanti untuk memberikan Surat Keputusan (SK) legalitas sebagai tenaga pendidik yang diakui secara hukum.

“SK yang kami minta untuk memberikan payung hukum kepada teman-teman guru honor. Agar tidak ada lagi yang bilang kami ini ilegal,” jelas Ketua Persatuan Guru Honor (PGH) Kabupaten Bogor, Halim Silabudin, Rabu (19/9/2018).

Selama ini, Halim mengaku guru honor di Kabupaten Bogor hanya mendapatkan SK dari kepala sekelah bukan dari Pemkab Bogor. Menurutnya, hal itu sangat rentan dengan intimidasi dan diskriminasi.

Baca juga :  Brak!  Tiga RKB SDN di Subang Ini Ambruk

“Ancamannya jelas, setiap kamu menuntut kejelasan kami malah disodorkan mau lanjut atau tidak (mengajarnya). Tapi di sisi lain kami dilema. Kami sering dianggap ilegal. Kalau begitu, ya sudah kami akan mogok mengajar,” tegas Halim.

Menurut Halim, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) merupakan kewajiban sekolah dan seorang PNS. Maka jika memang guru honor tidak perlukan, itu tidak akan berpengaruh banyak terhadap KBM. “Kita buktikan seberapa kuat KBM berjalan tanpa kami,” kata Halim menegaskan.

Baca juga :  Prestasi Arya Wijaya Harumkan SMA 10 Kota Bogor

Dari informasi yang didapat, jumlah tenaga guru honor di Kabupaten Bogor saat ini mencapai 14 ribuan. Halim melanjutkan, dari jumlah sebanyak itu, kesejahteraan guru honor juga dipertaruhkan. Bagai sudah jatuh tertimpa tangga pula, tak sedikit di antara mereka belum mendapatkan haknya yang terbilang sangat relatif kecil.

“Surat tugas yang diberikan kepada dinas pendidikan untuk kelancaran operasional dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah), kenyatannta masih banyak yang belum gajian. Padahal gajinya hanya kisaran Rp 300-400 ribuan per bulan. Harapan kami dengan SK yang kami tuntut, itu akan berpengaruh juga terhadap gaji yang kami terima,” katanya.

Baca juga :  Macet Cilebut Bikin Ruwet dan Mumet

Tak kurang dari 5.000 an guru honor Kabupaten Bogor kemarin menggelar aksi di kawasan pemerintahan. Mereka memaksa masuk yang akhirnya sampai di depan Gedung DPRD Kabupaten Bogor.

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Pendidikan

Dua Siswa SDN Batu Tulis 2, Raih Lencana Pramuka Garuda
Iman yang Kuat adalah Benteng Narkoba

Pendidikan

Iman yang Kuat adalah Benteng Narkoba

Pendidikan

Biaya Ulangan SD Di Bogor Miliaran Rupiah

Pendidikan

Kurtilas Program Penguatan Karakter Para Guru