Sulhan Terpilih Pegang Kendali Kopkar Pakuan Jaya

Home / Potensi Wilayah

Selasa, 20 Maret 2018 - 20:48 WIB

BOGOR, kabar1.com – Koperasi Karyawan PD Pasar Pakuan Jaya (Kopkar Pakuan Jaya), menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2017 atau periode 2012 – 2017, di gedung PPIB, Jalan Pajajaran, Bogor Timur Kota Bogor, Selasa (20/03/2018) siang.

Dalam RAT yang diikuti lebih dari 200 anggotanya ini, dibacakan laporan pertanggungjawaban keuangan selama masa kepengurusan periode 2012 – 2017, yang dikomandoi Rizal Utami.

Dalam laporan disebutkan, bahwa tren laba Koperasi yang sudah berdiri sejak 5 tahun lalu ini, terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

“Koperasi ini berdiri sejak tahun 2012. Dan pada tahun itu kita masih belum memperoleh laba karena masih banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk kepentingan kantor, dan sarana koperasi,” ujar Ketua Kopkar Pakuan Jaya Periode 2012 – 2017, Rizal Utami kepada media.

Baca juga :  Tinggal Tanah Merah dan Berbatu, Dua Ruas Jalan Ini Rusak Berat

Dijelaskannya, keuntungan baru di peroleh pada tahun 2013 hingga dipenghujung masa kepengurusannya yakni tahun 2017 lalu.

“Tahun 2013 kita sudah untung berupa SHU sebesar Rp. 7 Juta. Dan pada Tahun 2014 meningkat signifikan hingg Rp. 61 Juta. Sedangkan pada Tahun 2017, laba kotor kita sebesar Rp. 231 Juta,” jelas Rizal.

Dalam RAT tersebut, sekaligus dilakukan pemilihan pengurus Kopkar yang baru periode 2017 – 2022. Pemilihan berlangsung menghangat, bahkan sempat diwarnai interupsi dari beberapa anggota koperasi, yang notabene merupakan karyawan PD Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ). Namun begitu, pemilihan berlangsung demokratis, aman dan lancar.

Baca juga :  Dinas Sosial Kabupaten Bogor Siap Cari Orangtua Asuh

Sulhan yang semula menjabat sebagai Plt. Ketua Kopkar pada masa Demisioner kepengurusan yang lama, terpilih secara aklamasi sebagai ketua Kopkar Pakuan Jaya periode 2017 – 2022, didampingi Sri Karyanto dan Maradona sebagai Wakil Ketua.

“InsyaAllah terkait kesejahteraan anggota, kedepan akan kita tingkatkan perolehan laba. Sesuai rencana, kita akan tambah unit usaha di koperasi seperti cleaning service dan beberapa unit usaha lainnya.” ungkap Sulhan usai membacakan sumpah bersama seluruh pengurus Kopkar Pakuan Jaya yang baru.

Baca juga :  Gelar Pengajian, Desa Cimanggis Dikerubuti OKP

Sulhan menambahkan, jika dirinya berencana menigkatkan nilai pinjaman atau kredit bagi para anggotanya. Pasalnya, unit simpan pinjam merupakan program andalan Kopkar Pakuan Jaya.

“Koperasi ini dari, oleh dan untuk karyawan. Sehingga kepentingan anggota harus kita utamakan. Sebelumnya, nilai pinjaman itu antara 5 sampai dengan 15 juta. InsyaAlloh kedepan kita pikirkan supaya bisa kita tingkatkan,” imbunya.

Hadir dalam Rapat Anggota Tahunan ini, Plt. Walikota Bogor Usmar Hariman, Direktur Utama Andi Latief dan jajaran Dewan Pengawas Koperasi, diantaranya Kun Nurachadijat dan Haris Maraden. (Bastian)