Sopir Truk Sampah Dilarang Libur

BOGOR, kabar1.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor melarang Sopir truk sampah libur Tahun baru. DLH juga memastikan 34 armada milik Kabupaten tetap beroperasi untuk menghindari penumpukan sampah.

Kabid Pengelolaan Sampah pada DLH Kabupaten Bogor, Atis Tardiana mengaku, ia sudah mengintruksikan kepada para awak sopir truk sampah untuk tetap beroperasi di hari  libur tahun baru.  “34 armada truk sampah yang ada di tujuh UPT Kebersihan tetap Standby,” ujar Atis.

Baca juga :  Disdukcapil Kab Bogor Terus Jemput Bola Perekaman e-KTP

Atis menjelaskan,  dengan beroperasi truk yang ada di tujuh UPT yakni Upt Cibinong ada delapan unit, Jonggol lima unit, Ciawi enam unit, Ciampea empat unit, Leuwiliang tiga unit, Jasinga empat unit dan Parung empat unit. Tentunya tidak akan terjadi penumpukan sampah.

Baca juga :  Satu Peta Untuk Mendukung Pembangunan Nasional

“Sumbangan sampah Kabupaten Bogor mencapai 450 ton perhari, jika liburan panjang bisa meningkatkan 20 persen,” jelasnya.

Dengan sumbangan sampah mencapai 450 ton perhari yakni sampah rumah tangga 70 persen, 30 persen sampah organik. Tak sebanding dengan daya angkut armada truk sampah yang di milik DLK sebanyak 34 unit, apalagi kapasitas TPA Galuga saat ini daya tampungnya mulai menipis.

Baca juga :  Repdem Sukses Punguti Ratusan Kilo Sampah Plastik Puncak

“Masyarakat harus cerdas mengelola sampah terutama memilah dan memanfaatkan kembali sampah rumah tangga, sehingga bisa mengurangi volume sampah yang terbuang, ” pungkasnya. FUZ