Home / Pemerintahan / Kesehatan / Nasional

Senin, 20 April 2020 - 15:34 WIB

Soal Perpanjangan Work From Home ASN, Ini Kata Menpan RB

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengambil kebijakan untuk memperpanjang work from home (WFH) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Tjahjo merevisi surat edaran bernomor 50 terkait penyesuaian sistem kerja ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam mencegah pandemi virus corona atau Covid-19 terkait kebijakan WFH bagi PNS yang diberlakukan hingga 1 Maret 2020, lalu diperpanjang lagi hingga 21 April 2020.

“Sekarang diperpanjang sampai dengan 13 Mei 2020 dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan,” tuturnya, Senin (20/4).

Baca juga :  Putus Mata Rantai Covid - 19, Koramil Jasinga Terapkan Warga Pakai Masker

Tjahjo meminta agar WFH para PNS tersebut tidak sampai mengganggu kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat dengan mengoptimalkan memanfaatkan aplikasi yang telah disediakan pemerintah.

”Dalam upaya mengendalikan penyebaran COVID-19, agar ASN memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Bisa dengan mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” ujar Tjahjo.

Tjahjo juga angkat berbicara mengenai PSBB yang telah diterapkan di sejumlah daerah. Ia meminta pejabat pembina kepegawaian untuk menyesuaikan kinerja ASN. Dalam PSBB, ada kantor-kantor pemerintahan yang memang dikecualikan dari libur.

Baca juga :  Cegah Virus Corona, Polres Bogor Strelisasi Seluruh Ruangan

Selain itu, Tjahjo telah memberi perintah kepada pejabat pembina kepegawaian baik di kementerian, lembaga, atau pemda agar menyukseskan WFH bagi ASN ini. ”Surat edaran sudah saya tandatangani dan dikirim ke kementerian lembaga dan pemda,” kata Tjahjo.

Baca juga :  Masyarakat dan Mahasiswi Geruduk BBWS Citanduy 

”Dalam hal terdapat penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayah di mana instansi Pemerintah berlokasi, Pejabat Pembina Kepegawaian pada Kementerian/Lembaga/Daerah yang bersangkutan melakukan penyesuaian sistem kerja bagi Aparatur Sipil Negara,” tulis SE tersebut.

“Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 45 tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja bagi Aparatur Sipil Negara yang berada di wilayah penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar.” lanjutnya.*/STR

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Nasional

Komisi VIII Tekankan Pentingnya Sosialisasi
Ribuan Pelamar CPNS Berebut 154 Formasi PNS di BNN

Pemerintahan

Ribuan Pelamar CPNS Berebut 154 Formasi PNS di BNN

Kesehatan

Dasar Ilmiah Berolahraga Saat Puasa : Waktu dan Jenis Olahraga

Pemerintahan

ADD Belum Cair, Staf Desa Ini Ngantor Pun Jalan Kaki