Soal DD Lambat, Bupati Bogor: Tunggu Atuh!

BOGOR, kabar1.com – Bupati Bogor, Nurhayanti meminta desa-desa untuk bersabar. Karena menurutnya, ketika semua persoalan terkait administrasi selesai maka DD langsung cair.

“Tunggu atuh, pasti kalau dana desa belum turun, pasti ada administrasi yang belum terpenuhi, nanti saya cek,” singkatnya.

Baca juga :  Lolos Verifikasi, Tahun Ini Satu Ponpes Di Lebak Dua Kali Menerima Bansos

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Deni Ardiana menerangkan, DD yang dicairkan nominalnya berkisar Rp800 juta hingga Rp1 miliar. Sementara untuk desa tertinggal mendapatkan proporsi yang lebih besar, sedikitnya ada 105 desa yang masuk kategori tertinggal.

Baca juga :  Bupati Bogor Minta BUMD Harus Hasilkan Untung

”Ada 77 persen yang dibagi rata untuk semua desa, kemu­dian 3 persen diperun­tukkan desa tertinggal dan 20 persen melihat keadaan desa,” tandas Deni.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Didi Kurnia mengatakan, lambatnya pencairan Dana Desa (DD) dikarenakan masih banyak usulan dari desa yang belum terpenuhi sesuai dengan apa yang diperuntukan dan dibutuhkan.

Baca juga :  GP Ansor Parung Panjang Ajak Warga Rawat Negeri dengan Dzikir

“Dana desa itu wajib didistribusikan. Namun peruntukannya yang sudah diplot oleh Pemerintah Pusat belum terpenuhi oleh desa,” kata Didi.FUZ