Home / Daerah

Jumat, 27 Juli 2018 - 21:40 WIB

Setelah Dihantam Banjir Bandang Irigasi Ciparengpeng Tidak Lagi Berfungsi

LEBAK | kabar1.com- Setelah dihantam banjir bandang tahun lalu, Daerah Irigasi (DI) Ciparengpeng yang berlokasi di Desa Sukamaju Kecamatan Sobang, kabupaten Lebak, Banten kondisinya rusak parah dan tidak dapat digunakan.

Menurut Ahmad Hafiz Setiawan Kepala Desa Sukamaju mengatakan bahwa, para petani di Desanya mengalami kesulitan air akibat pasokan air dari DI Ciparengpeng sama sekali tidak dapat digunakan lagi akibat saluran DI tersebut sebagian tersumbat dan hancur akibat terjangan banjir bandang.

Baca juga :  Ini Dampak Yang Di Rasakan Masyarakat Akibat Listrik Sering Spaning

“Sebelumnya DI itu baru selesai diperbaiki, namun baru saja selesai saluran DI tersebut kembali hancur akibat terjangan banjir bandang. “Jelasnya.

Padahal jumlah Hektare pesawahan yang airnya tergantung dari irigasi tersebut lanjut Wawan mencapai 36 Ha, atau dengan kata lain Irigasi tersebut sebagai urat nadi para petani di Desanya. Sebagai antisipasi agar proses bertani para petani di desanya bisa terus berjalan ia beserta seluruh masyarakatnya telah dua kali melakukan gotong royong dengan memasang pipanisasi akan tetapi sayangnya pipa-pipa hasil gotong royong tersebut selalu hancur kembali.

Baca juga :  Begini Cara PWI Kota Bogor Gelar Syukuran HPN 2020

Berdasarkan hal itu Wawan selaku kepala Desa meminta kepada pihak Dinas dan instansi terkait segera membantu pera petani di desanya untuk melakukan perbaikan kembali, sehingga Irigasi tersebut dapat berfungsi maksimal,  sehingga petani tidak lagi merasa bingung ketika mengolah lahan pertaniannya.

Baca juga :  Nandang : Pejabat Studi Banding "Ngabring", Hanya Pemborosan Saja

“Dengan kejadian hancurnya irigasi itu, ia selaku Kepala Desa telah melayangkan permohonan perehaban kepada pemerintah. “Tukas Wawan. PIK

,

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Daerah

Sektor 8 Citarum Harum Berikan Pembekalan Kepada mahasiswa UPI Yang Akan KKN Tematik

Daerah

Bocah Ditemukan Meninggal Dunia, Sebelumnya Hujan-hujanan
Cegah Macet Libur Idul Adha, Satlantas Polres Bogor Pasang Rambu Pengaman di Jalur Puncak

Daerah

Cegah Macet Libur Idul Adha, Satlantas Polres Bogor Pasang Rambu Pengaman di Jalur Puncak
Sidak Proyek Obyek Wisata Saat Pandemi Covid-19, Camat Minta Patuh Aturan

Daerah

Sidak Proyek Obyek Wisata Saat Pandemi Covid-19, Camat Minta Patuh Aturan