Sektor IX Citarum Harum dorong Bumdes Kelola sampah Industri Dan Lingkungan

Kamis, 19 Juli 2018 - 11:09 WIB

BATUJAJAR, kabar1.com – Satgas Citarum Harum Sektor IX melalui Dansub Sektor II Kapten Inf Nasrul menyoroti masalah proses pengolahan sampah di Desa Giriasih Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat terkesan liar.

 

Dalam keterangan yang disampaikan Kapten Nasrul, bahwa pengolahan bahan berbahaya dan beracun dan sampah, Dansub II yang mewakili Dansektor IX dan Bumdes, serta didukung oleh warga 18 Rw di Giriasih melakukan pengecekan langsung ke lapangan terkait permasalahan sampah yang ada di wilayahnya dengan menyambangi sejumlah lokasi di desa Giriasih Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu,18 Juli 2018.

 

Baca juga :  TMMD di Cijambe, TNI bersama Masyarakat Rehab 4 Mushola

Selanjutnya masyarakat dihimbau sudah harus mulai memilah sampah sesuai dengan kriteria sebagai berikut:

 

(1) sampah yang mengandung limbah berbahaya,

(2) sampah yang mudah terurai,

(3) sampah yang dapat digunakan kembali,

(4) sampah yang dapat di daur ulang, dan

(5) sampah lainnya.

 

“Kemudian pemerintah daerah wajib menyediakan fasilitas berupa TPS atau TPST 3R sebagai sarana pengumpulan sampah yang telah dipilah beberapa alternatif jalan keluar dalam pengelolaan sampah rumah tangga, yaitu pertama dengan membiasakan masyarakat memilah sampah. Kedua hasil pemilahan untuk sampah kering dan bernilai ekonomi dapat dikelola melalui Bank Sampah skala kota, yang sekarang sudah di mulai oleh kelompok-kelompok Ecovillage sebagai komunitas pencinta lingkungan,” jelas Nasrul.

Baca juga :  Jasa Sewa Ban di Pantai Banten Raup Untung Besar 

 

Sementara, menurut Ketua Bumdes Desa Giriasih Feri Tholibul Khoer mengatakan Bahwa Limbah B3, dan Sampah, kini tidak boleh lagi pengelolaan sampah di TPA dilakukan secara konvensional, karena lahan yang semakin terbatas. Akan tetapi diperlukan upaya lain dengan kegiatan yang berbasis masyarakat seperti Bank Sampah dengan Prinsip 3R (reduce, reuse, recycle), serta tidak kalah pentingnya mulai memikirkan upaya lain dengan menggunakan incinerator ramah lingkungan (mesin penghancur sampah) yang dapat menghacurkan volume sampah hingga 99%  dg kapsitas 3s\d5.ton per 1.mesin. dengan kata lain sampah habis di tempat.

Baca juga :  Ribuan Warga Cianjur Ikuti Fun Walk

 

“Sebagai tindak lanjut dari permasalahan sampah yang ada di Desa Giriasih, Kepala Desa Giriasih Dede Hidayat akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat untuk membantu mengatasi masalah tersebut sebagai bagian dari tugas dan fungsi, serta amanah dari peraturan perundang-undangan. Disamping itu harus dicari aplikasi dan solusi teknologi atau alternatif lainnya seperti memperbanyak Bank Sampah,” tutup dia. ACP

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Potensi Wilayah

Satgas Citarum Harum Buat Bantaran Citarum Bergoyang

Kesehatan

Dasar Ilmiah Berolahraga Saat Puasa : Waktu dan Jenis Olahraga

Gaya Hidup

3.316 Wanita di Bogor Menjanda

Gaya Hidup

Solomon Band Merambah Blantika Musik Nusantara