Satpas Daring Kedunghalang Berikan Kenyaman

BOGOR, kabar1.com – Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polresta Bogor Kota resmi berganti nama menjadi Satpas Online Kedunghalang. Perubahan julukan Kantor pelayanan SIM di Kota Bigor ini diumumkan bertepatan dengan Launching Pemberlakuan Pelayanan SIM secara online oleh Kapolresta Bogor Kota di Mapolresta Kedunghalang belum lama ini.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol. Ulung Sampurna Jaya mengatakan, pelayanan sim secara online, merupakan upaya Polri dalam memudahkan masyarakat pemohon. Menurutnya, masyarakat Indonesia yang tengah berada di kota hujan dan ber-KTP elektronik (e-KTP), tidak lagi harus pulang mudik untuk membuat SIM.

Baca juga :

“Jadi bagi masyarakat Indonesia yang berada di Kota Bogor, bisa membuat SIM disini. Sehingga tidak perlu pulang balik ke daerah asal mereka. Syaratnya hanya e-KTP,” katanya usai peresmian.

Ditambahkan Ulung, Korlantas Mabes Polri telah menyediakan enam perangkat komputer di ruang registrasi dan empat perangkat komputer lengkap dengan kamera di ruang foto, serta puluhan perangkat komputer di ruang tes tertulis.

“Pelayanan bisa lebih cepat dengan data yang terkoneksi dengan server pusat,” imbuh Kapolresta.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Bogor Kota, Kompol Bramastyo Priaji menjelaskan, selain dengan pelayanan yang cepat dan mudah, Satpas Kedunghalang juga menyediakan Pojok Baca, Ruang Laktasi bagi Ibu-Ibu yang menyusui serta Arena Bermain bagi anak-anak para pemohon.

“Agar tidak jenuh menunggu antrian pelayanan, para pemohon bisa relax sambil membaca buku, dan anak anak mereka bisa juga bermain di arena bermain yang kami sediakan. Kami juga menyediakan wifi dan softdrink gratis. Intinya, kita ingin memberikan kenyamanan bagi masyarakat,” jelasnya.

Dikatakan Bram lebih lanjut, untuk proses permohonan pembuatan SIM hampir tidak jauh berbeda dengan sebelumnya yakni, mulai dari cek kesehatan, pendaftaran dan registrasi yang diterima langsung oleh petugas hingga mengikuti tes tertulis dan uji praktek mengendarai sesuai jenis SIM yang dimohon.

Sementara untuk data diri pemohon, petugas cukup menempelkan e-KTP pada sebuah alat, dan secara otomatis data pemohon langsung terisi.

“Petugas kami hanya mengisi sedikit data tambahan yang dibutuhkan seperti nomor telpon dan yang lainnya,” pungkas Kasat. (BSTN)

Ads MIH
Loading...
KABAR1 TERKINI
Komentar
Loading...