Sambut Hari Pendidikan Nasional, PGRI Gelar Webinar dan Workshop “Self Driving for Teacher”

  • Whatsapp

JAKARTA – Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2020, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengucapkan selamat hari pendidikan nasional kepada seluruh insan-insan pendidikan di Indonesia.

PGRI mengharapkan agar pendidikan di Indonesia segera memiliki cetak biru pendidikan nasional dengan dilandasi penekanan bahwa pendidikan sebagai upaya mempersiapkan peserta didik sebagai warga global.

Bacaan Lainnya

Selain itu, dalam pendidikan di Indonesia, perlu ditanamkan pula pemahaman tentang kultur keindonesiaan, keberagaman, sehingga peserta didik tumbuh menjadi warganegara yang baik dan produktif.

“Pandemi covid-19 yang terjadi saat ini memberikan pelajaran berharga bagi dunia pendidikan Indonesia bahwa peran guru tetap tidak tergantikan dengan teknologi, namun guru yang tidak mau akrab dengan teknologi, akan mudah tergantikan. Pandemi ini juga menyadarkan kita agar terus adaptif terhadap perubahan, dan mau belajar dalam situasi apa pun sehingga pendidikan dapat terus berjalan dengan baik,” kata Ketua PB PGRI, Unifah Rosyidi dalam keterangan persnya, Jumat (1/5/2020).

Sebagai mitra strategis Pemerintah, lanjut Unifah, PGRI tetap akan fokus pada peningkatan kualitas, perhatian pada peningkatan kesejahteraan, dan melindungi para pendidik dalam menjalankan profesinya di dunia pendidikan.

PGRI, tegas Unifah juga mengharapkan agar Pemerintah terus memperhatikan tata kelola guru terutama dalam hal kekurangan guru yang terjadi hampir di semua daerah, dan segera menyelesaikan pengangkatan guru honorer K2 yang telah lulus PPPK tahun 2019 mengingat usia dan pengabdian mereka yang begitu panjang bagi dunia pendidikan di tanah air.

“Dunia Pendidikan di Indonesia akan memasuki keadaan New Normal dimana kebiasaan lama dalam melaksanakan pendidikan tidak bisa menjadi patokan, karena perubahan dunia yang begitu cepat. Pelaksanaan pembelajaran termasuk pelatihan-pelatihan skill untuk para pendidik harus diubah dari penekanan pada konten ke proses,” paparnya.

Menyambut hari pendidikan nasional dalam situasi pandemi ini, PGRI sendiri membuat gebrakan bekerjasama dengan Mahir Academy Rumah Perubahan mengadakan Webinar dan Workshop online berseri dari tanggal 2 sampai dengan 20 Mei 2020 dengan jumlah peserta sebanyak 13.000 orang dari 34 provinsi di Indonesia.

Melalui webinar dan workshop berseri bertajuk “Self Driving for Teacher: Menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari Rumah, PGRI mengenalkan cara baru dalam pelatihan pendidikan. Webinar dan Workshop berseri ini menghadirkan para pembicara terdiri dari ahli dan praktisi pendidikan dari seluruh Indonesia.

“Pengalaman yang kita peroleh dalam situasi pandemi ini, bahwa pendidikan jarak jauh berbasis online masih perlu dilakukan pembenahan secara serius. Untuk itu, PGRI mengharapkan kepada pemerintah agar lebih fokus menginvestasikan pada sarana dan prasana agar akses terhadap listrik dan internet makin meluas dan dijangkau masyarakat hingga ke pelosok. Semoga pendidikan Indonesia makin maju sehingga terbentuk sumberdaya manusia yang unggul. Selamat hari Pendidikan Nasional,” tandasnya. WAN


Hosting Unlimited Indonesia

Hosting Unlimited Indonesia

Indonesia

Positif
0
+0 (24 Jam)
Meninggal
0
+0 (24 Jam)
Sembuh
NAN%
Reaktif
0
NAN%

  • Whatsapp