Reserse Polda Jabar Ungkap Sindikat BBM Palsu

BANDUNG, kabar1.com – Direktorat Reserse Khusus Polda Jabar berhasil mengungkap sindikat pengolahan BBM jenis pertalite, Selasa (26/12/2017) dari sebuah rumah milik tersangka Muhaimin (34), di Blok Bugel RT. 14 RW. 06 Ds. Leuwigede Kec. Widasari Kab. Indramayu.

Dari lokasi, Polisi sedikitnya menyita puluhan drum berisi kondensat (cairan bahan baku pembuatan pertalite) dan puluhan karung bleaching (penjernih).

Baca juga :  Polda Jabar Tetapkan Pemilik Miras Oplosan Majalengka Tersangka TPPU

Kapolda Jabar, Irjen Pol. Agung Budi Maryoto, dalam rilis yang diterima kabar1.com mengatakan, pelaku telah melakukan kegiatan pengolahan minyak bumi sejak bulan Juni hingga Desember 2017. “Bahan baku yang digunakan pelaku dalam melakukan pengolahan bahan bakar minyak bumi, terdiri dari kondensat dan bleaching (bahan kimia),” jelas Agung.

Baca juga :  4 Maling Rumsong Diringkus Polisi

Bahan baku Kondensat dan Bleaching, lanjut Agung, didapatkan oleh pelaku dari Mulyadi, yang diperolehnya dari PT. Harindo Putra Jaya.

“Cara pelaku melakukan pengolahan, yaitu bahan baku berupa kondensat dicampur dengan bleaching, dengan perbandingan 200 liter Kondensat dicampur 25 kg bleaching,” jelas Agung.

Baca juga :  Ormas LMPI Minta Oknum LMDH Diduga Penjual Tanah Negara Diperiksa

Pelaku, menurut Agung, menjual hasil olahan minyak kondensat tersebut ke SPBU mini dengan harga Rp. 7.600 BNN per-liternya.

“Kepada masyarakat agar hendaknya berhati-hati ketika membeli bahan bakar, karena untuk SPBU mini belum tentu mereka memiliki ijin,” tandas alumni Akpol 1987 tersebut.FUZ