Home / Pendidikan

Senin, 1 Oktober 2018 - 22:33 WIB

Ratusan Siswa SDN Bangka 3 Nonton Film G 30 S/PKI

BOGOR,kabar1.com, Ratusan siswa Kelas III, IV dan siswa Kelas V, SDN Bangka 3 Kota Bogor, antusias menyaksikan film G30 S/PKI, yang digelar di halaman sekolahnya, Jalan Otista, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Senin (01/10/2018).

Bahkan, sejumlah di antaranya, ada yang ditemani orangtuanya, namun tak sedikit pula yang menonton film besutan Orde Baru ini tanpa didampingi orangtua. Tapi, unsur kekerasan di dalam film itu, sengaja tidak ditampilkan. “Setiap agedang kekerasan, tidak kita tayangkan. Mengingat, usia anak-anak masih di bawah 13 tahun,” kata Kepala SDN Bangka 3, Suyarsih, ketika ditemui di lokasi pemutaran.

Baca juga :  50 Utusan PKBM Ikuti Pelatihan Akreditasi

Menurutnya, sekolah sengaja mempertontonkan film sejarah kelam Indonesia kepada siswa kelas III, IV dan Kelas V, agar para siswa memiliki rasa patriotisme. “Pemutaran film G30S/PKI ini sama sekali tidak menganggu kegiatan belajar mengajar (KBM). Karena dilaksanakan setelah jam belajar selesai. Kita sudah koordinasikan dengan pihak aparat setempat, dan yang nonton film ini hanya siswa kelas III, IV dan V,” ujar Suyarsih.

Baca juga :  Obet K Sitorus, Siswa SDN Kedunghalang 3, Juara 1 Panjat Tebing KU & Eksebisi POPDA 2018 Jabar

Sementara itu, pengawas pembina SD Kecamatan Bogor Timur, Yayah Komariah mengapresiasi hal tersebut. Karena, tidak ada surat pelarangan, baik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Dinas Pendidikan Kota Bogor.
Namun, kata dia, anak-anak tidak boleh sendirian menonton film yang ditayangkan di SDN Bangka 3 itu. “Film itu dipertontonkan, agar siswa memgetahui sejarah, dan memiliki rasa cinta terhadap tanah air,” pungkasnya. URI

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Pendidikan

Obet K Sitorus, Siswa SDN Kedunghalang 3, Juara 1 Panjat Tebing KU & Eksebisi POPDA 2018 Jabar

Gaya Hidup

Ponpes Darul Falah Siapkan Rumah Adaptasi dan Konseling Anak “Broken School”

Gaya Hidup

Tanam Pohon Bersama, Menutup Program KKN Tematik Telkom University Dan UNAIR

Pendidikan

Tolak CPNS, Para Guru di Bogor Dobrak Gerbang Pemda