Ratusan Prajurit Yonif 315/Grd Bertolak ke Perbatasan Papua

24

BOGOR, Kabar1.com – 450 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda akan melaksanakan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia – Papua Nugini untuk menggantikan Yonif Para Raider 503/MK Kostrad.

Satuan tempur korps baret hijau ini bertolak dari Markasnya yang berkedudukan di Jalan Mayjen Ishak Djuarsa, Kota Bogor, Selasa (21/11/2017). Suasana haru dari keluarga tampak mengiringi jelang pemberangkatan.

Danrem 061/Suryakancana Kolonel Inf. Mirza Agus mengatakan, Satgas Pamtas Yonif 315 Garuda yang diberangkatkan berjumlah 450 prajurit. Mereka akan bertugas selama 10 bulan di perbatasan Indonesia – Papua Nugini.

Mirza melanjutkan, persiapan prajurit sendiri telah dilakukan setahun lalu. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pratugas dengan mempekalan materi-materi pada Agustus kemarin.

“Diantara materi pelatihan, ada juga materi bagaimana mengatasi aksi separatis, tentunya mereka telah mempersiapkan itu. Saya pikir juga mereka sudah siap semuanya,” ujar Danrem.

Selain dari itu, prajurit Yonif 315/Garuda selama disana bertugas menjaga patok-patok di perbatasan Indonesia – Papua Nugini.

“Termasuk memonitor perkembangan keimigrasian di perbatasan dan patroli di pos-pos perbatasan tersebar sekitar 220 kilometer.” lanjutnya.

Sementara itu, Danyon 315/Garuda Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani menambahkan, seluruh Satgas Pamtas sudah dibekali pelatihan dari awal sehingga secara materil, personel dan kemampuan baik bidang tempur, antropologi, sosial budaya telah dinyatakan siap berangkat tinggal mengaplikasikan disana.

“Setiap tugas disana sudah ada SOP tertentu, sehingga tinggal melaksanakan SOP untuk mengatasi semua kesulitan baik itu ancaman dari alam, luar maupun kelompok bersenjata,” tegas Rendra. (HRS)

Komentar anda