Puasa, Jalur Puncak Sepi, Satlantas Tak Berlakukan One Way

BOGOR, kabar1.com – Dua pekan bulan suci ramadhan, jalur Puncak yang biasanya penuh sesak kendaraan kini terlihat sepi. Bahkan dua pekan ini Satuan lalulintas Polres Bogor pun tidak memberlakukan one way.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Hasbi Ristama mengatakan, dari awal bulan ramadhan Satlantas memang tidak memberlakukan system satu arah baik dari arah Jakarta menuju Puncak maupun arah Cianjur menuju Bogor mengingat arus lalulintas ke kawasan wisata Puncak menurun drastis di bulan puasa ini.

Baca juga :  Edgar Berangkatkan 30 Sukarelawan PMI Kota Bogor ke Sumedang

“Tidak ada satu arah saat hari libur, karena jalan sepi, ya biasanya peningkatan arus lalulintas akan terjadi menjelang lebaran dan pasca lebaran,” ujar Hasbi kepada wartawan, Selasa (29/5/2018).

Dari pantauan dilokasi, volume kendaraan menuju Puncak memang tidak seramai bulan biasa. Bahkan kemacetan pun tidak terjadi, hanya saja kemacetan terjadi saat memasuki magrib karena banyaknya warga yang melakukan kegiatan ngabuburit.

Baca juga :  Bocah 7 Tahun Tersengat Listrik, PLN Cianjur Digeruduk Massa

Titik-titik kemacetan sore hari terjadi di simpang Megamendung, Pasar Cisarua, dan Sampay Warung Kaleng. Bagi pengendara yang akan menuju Cipanas atau Cianjur sebaiknya hindari jalur itu di jam-jam saat warga melaksanakan ngabuburit.

Baca juga :  Akan Tawuran, Puluhan Pelajar Diamankan Polsek Jasinga

Pengelola rest area di wilayah Cipayung mengakui kunjungan kendaraan ke rest area ini sepi sejak awal puasa, karena kendaraan yang menuju puncak pun tidak ramai seperti bulan biasa.

“Biasanya akan ramai lagi seminggu menjelang ramadhan, tapi untuk usaha oleh-oleh akan ramai saat lebaran,” tandasnya.WNK