PT KAI Bakal Bangun Double Track di Jalur Bogor-Sukabumi

  • Whatsapp

BOGOR, kabar1.com – Direktorat Jendral Perkeretaapian (DJKA) Kementrian Perhubungan Darat berencana membangun double track (rel dua arah-red) di Jalur Bogor-Sukabumi. Rencananya, lintasan ini akan memakan lahan sepanjang 7 kilometer dan melintasi dua desa di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor yakni, Wates Jaya dan Desa Cigombong.

Staf Umum Teknik Dirjenhub Darat, Andi Priyatna mengatakan, FGD ini dilakukan untuk melaksanakan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL) dan Upaya Kelola Lingkungan (UKL), dengan tujuan untuk mendengar atau masukan dari warga yang rumahnya berdekatan dengan rencana pembangunan rel ganda. Pembangunannya sendiri akan dilaksanakan pada tahun 2018 ini.

Bacaan Lainnya

“Intinya acara  UPL atau UKL ini adalah forum komunikasi dari warga yang terlintasi jalur kereta api, yang rencananya akan di bangun jalur ganda pada tahun ini juga, Nah dari warga ini berharap untuk menerima apa yang akan warga dapatkan dengan adanya pembangunan ini,  terutama dampak-dampaknya, seperti dampak kebisingan, terus dampak udara terus dampak yang lain-lain lah,” ujar Andi kepada wartawan.

Ia menambahkan, dari pendapat masyarakat ini akan dijadikan suatu dokumen dan dijadikan referensi untuk patokan kerja dari pelaksana kontruksi, seperti pengukuran, desain progres lalu berlanjut pelaksanaan kontruksi pengerjaan.

“Sekarang ini masih dalam bentuk tertulis dari masyarakat untuk kita jadikan referensi, kita juga tampung pendapat masyarakat dan pihak konsultan nanti mengadopsi ya pertanyaan2 masyarakat terus kita kumpulkan dan akan kita konsultasikan kepada lingkungan hidup, baru pelaksanaan pembangunan kontruksi,” ungkapnya.

Camat Cigombong, Basrowi berharap dengan adanya pembangunan rel ganda ini akan berdampak positif bagi warga di sekitarnya, serta dapat mengatasi masalah macet yang sering terjadi di jalur bocimi.

“Dengan dibangunya rel ganda ini akan cukup bermanfaat karena kedepanya ekonomi warga Kecamatan Cigombong lebih baik lagi. Sehingga saya berharap perekonomian masyarakat lebih sejahtera,” tandasnya.FUZ

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia