PSBB Diberlakukan, Pemkot Bogor Minta Jaminan

PSBB Diberlakukan, Pemkot Bogor Minta Jaminan 1

BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyetujui usulan dari Gubernur Jawa Barat untuk mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke Menteri Kesehatan (Menkes).

Namun, begitu, Pemkot Bogor menginginkan jika PSBB ini dilaksanakan jaring pengaman sosial pun harus segera disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

Test

“Intinya Kota Bogor setuju untuk mengajukan PSBB dilaksanakan, tapi kami ingin sekali menyesuaikan dengan turunnya jaring pengaman sosial yang akan dikucurkan oleh Pemprov Jawa Barat,” kata Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim saat teleconference dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama kepala daerah lainnya, Selasa (7/4/2020) malam.

Baca juga :
Polemik Berakhir, Kantor Desa Rawa Panjang Kembali Normal

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat. Ridwan Kamil mengatakan, PSBB akan dilakukan di zona yang intensitas positif covidnya cukup tinggi.

PSBB tahap 1 yang diusulkan adalah Kota/Kabupaten yang berdekatan dengan DKI Jakarta, diantaranya Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.

“Ini diusulkan karena hampir 70 persen pergerakan penyebaran virus ini secara nasional ada di Jabodetabek. Karena kebijakan penganggulangan covid-19 tidak bisa sektoral, tapi harus kebijakan secara cluster. Karena Pemprov DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten harus serempak dalam mengambil kebijakan,” kata Ridwan Kamil.

Baca juga :
HMI Cabang Kota Bogor Kukuhkan Wajah Baru Komisariat Ekonomi

Jika usulan 5 daerah Jawa Barat tersebut disetujui Kemenkes, kata Ridwan Kamil, maka wilayah Jabodebek akan memiliki sinkronisasi kebijakan yang saling menguatkan dan saling melindungi.

“Kemudian tahap 2, sesuai peta persebaran, rencana penerapan PSBB mungkin minggu depan adalah zona Bandung Raya,” bebernya.

Diketahu, DKI Jakarta mulai jumat 10 april 2020 akan berlakukan pembatasan Sosial berskala besar (PSBB). Tindakan ini dilakukan sebagai langkah penanganan pendemi Covid 19.

Baca juga :
Anak Mantan Pejabat Kota Bogor Terlibat Tawuran

Gubernur DKI, Anies Baswedan pada hari Senin lali mengatakan PSBB akan berlaku selama 14 hari. Namun pemberlakuan ini bisa diperpanjang jika dibutuhkan.

“Ini penerapan(PSBB) bisa diperpnjang kembali sesuai kebutuhan kata Anies dlm konferensi pers dijakarta senin 7 April 2020 malam. FUZ