Presiden Apresiasi MA

Presiden Apresiasi MA 103

JAKARTA – Mahkamah Agung (MA) menggelar sidang pleno dengan agenda penyampaian laporan tahun 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (26/2/2020). Hadir dalam acara ini sejumlah pejabat teras Republik Indonesia seperti Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Menko Polhukam Mahfud Md, Menkum HAM Yasonna Laoly, Seskab Pramono Anung, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Ketua Dewas KPK Tumpak Panggabean hingga Jaksa Agung ST Burhanuddin, serta Kepala BNN Heru Winarko.

Adapun Tema Laporan Tahunan Mahkamah Agung Tahun 2019 adalah menyangkut pengembangan peradilan modern berbasis teknologi informasi,  khususnya  sistem peradilan e-litigasi. Dalam sambutan pembukanya, Hatta Ali mengatakan, sudah bekerja membenahi institusi peradilan agar akses terhadap para pencari keadilan menjadi lebih baik. Selain itu, MA juga berkomitmen mengembalikan kepercayaan publik terhadap institusi peradilan.

Pada Agustus 2019, MA telah menerbitkan Perma Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik (sidang e-litigasi). Perma tersebut melengkapi berlakunya Perma Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik (e-court) yang terbit pada 13 Juli 2018 lalu.

Joko Widodo dalam sambutannya mengapresiasi MA yang sudah memanfaatkan sejumlah teknologi untuk mempermudah proses penanganan perkara. Pemanfaatan teknologi yang dilakukan di antaranya ialah penggunaan e-court dan e-filling sehingga mempercepat proses administrasi persidangan.

“Harus kita apresiasi, kita hargai. Bahwa masih ada satu, dua, tiga di bawah yang belum terlayani, saya kira wajar dari ribuan perkara yang ditangani Mahkamah Agung. Tapi saya kira Mahkamah Agung memberikan sebuah lompatan dalam rangka pelayanan pada masyarakat,” lanjut Joko Widodo.

Dalam acara ini, hadir sejumlah pejabat lembaga negara di antaranya Menko Polhukam Mahfud Md, Menkum HAM Yasonna Laoly, Seskab Pramono Anung, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Ketua Dewas KPK Tumpak Panggabean hingga Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Selain Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung, diselenggarakan pula Pameran Kampung Hukum tahun 2020 yang dibuka oleh Ketua Mahkamah Agung, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, dan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial. Badan Narkotika Nasional (BNN) turut berpartisipasi dalam Pamerah Kampung Hukum 2020 yang merupakan hajatan Mahkamah Agung pada setiap tahunnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi langsung terkait tugas pokok dan fungsi Mahkamah Agung, serta berbagai kebijakan dan inovasi lainnya. Selain itu masyarakat juga bisa mendapatkan informasi dari para peserta pameran yang berasal dari Kementrian/Lembaga. */STR/FUZ


Hosting Unlimited Indonesia

Hosting Unlimited Indonesia

Indonesia

Positif
63,749
+1,607 (24 Jam)
Meninggal
3,171
+82 (24 Jam)
Sembuh
29,105
45.66%
Reaktif
31,473
49.37%