Polres Bogor Tangkap Maling Spesialis Rumsong

BOGOR, kabar1.com – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Bogor berhasil meringkus tiga pelaku spesialis pembobol rumah kosong di Kawasan Kabupaten Bogor. Polisi juga menangkap satu orang yang berperan sebagai penadah barang hasil curian komplotan pencuri tersebut.

Kapolres Bogor, AKBP A.M Dicky mengatakan, penangkapan ini hasil dari penyelidikan dan pengembangan pihak kepolisian dari tersangka EL (50) yang berperan sebagai penadah, yang berhasil ditangkap lebih awal, di wilayah Cibinong, tanggal 7 Oktober lalu.

Baca juga :  Humas Polda Jabar Benarkan Kasus Habib Bahar Telah Dilimpahkan Ke Kejaksaan

“Dari hasil tersebut, tim kami di jajaran Unit Resmob Satreskrim Polres Bogor,  berhasil menangkap tiga pelaku yakni T (23), E (45), dan H (30), di daerah Tapos, Depok,” jelas Dikcy kepada wartawan, Rabu (18/10).

Lebih lanjut Dicky mengungkapkan, berdasarkan pengakuan, ketiga pelaku telah 30 kali melakukam aksinya di daerah Kabupaten Bogor dan Depok. “Barang yang dicuri memang tidak terlalu besar hanya saja intensitas aksi yang dilakukan cukup tinggi (sering),” ungkap Dicky.

Dicky menjelaskan, dalam aksinya biasanya para pelaku terlebih dulu menentukan rumah mana yang akan dibobol untuk dijadikan target. “Ketika pemilik rumah ada, para pelaku bersikap layaknya orang yang akan bertamu atau pura-pura menanyakan alamat. Namun saat rumah dalam keadaan kosong mereka langsung membobolnya, ” jelas Dicky.

Baca juga :  Cegah Corona, Polisi - TNI di Bogor Gelar Patroli Malam

Setelau berhasil membobol rumah warga, bisanya para pelaku menjual hasil curiannya kepada calon pembeli sesuai permintaan yang telah disepakati.

“Untuk mempermudah dan melancarkan penjualannya, pelaku bekerjasama dengan penadah. Bisa Cash On Delivery atau COD, bisa juga melalui facebook. Tergantung apa yang diinginkan pembeli,” tukasnya.

Baca juga :  Polres Bogor Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Atas perbuatannya, pelaku masuk dalam kasus pencurian dengan pemberatan (Curat). Pelaku dijerat pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman penjara paling lama tujuh tahun.

Sedangkan untuk penadah terkait barang hasil kejahatan ini dikenakan Pasal 480 KUHP dengan hukuman penjara selama-lamanya empat tahun atau denda sebanyak-banyak Rp900 ribu rupiah.RUL






Pos terkait