Polda Metro Jaya Sebar Intel ke Tiap TPS di Jabar

JAKARTA, kabar1.com – Ratusan anggota Polri berpakaian preman ditugaskan untuk menyelundup ke sejumlah TPS-TPS di Jawa Barat. Hal ini dikatakan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono kepada wartawan (26/6/2018).

Dikatakan Argo, langkah ini dilakukan guna mengantisipasi gangguan yang timbul saat pencoblosan yang akan digelar Rabu (27/6/2018).

“Kita belum dapat informasi dimana kerawanan-kerawanan. Yang penting bahwa nanti anggota kita tetap back up. Polisi berpakaian preman kita kerahkan untuk pengamanan di sana (TPS),” kata Argo di Polda Metro Jaya.

Baca juga :  Konflik Horizontal Jelang Pilpres 2019, IPW Minta Polri Untuk Tegas

Menurutnya, tidak ada pengamanan khusus terhadap TPS-TPS yang akan dijaga personel Polda Metro Jaya. Dia hanya memastikan, Polda Metro Jaya siap membantu pengamanan agar pencoblosan di Pilkada Jabar bisa berlangsung kondusif.

“(Pola pengamanan) sama semua, ya makanya dari Polda kita turunkan di sana untuk melakukan back up, yang terpenting bahwa anggota di sana pengamanan dibantu oleh polda dan kita tetap waspada,” kata dia.

Baca juga :  Polri Siagakan Pengamanan Jelang Pendaftaran Capres

Polda Metro Jaya sendiri telah mengirim sebanyak 3.751 personel polisi guna mengamankan tahap pencoblosan Pilkada Jabar. Sejumlah Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya juga mengerahkan 5.044 personel polisi.

Pengamanan pencoblosan Pilkada Jabar juga akan dibantu personel TNI dan anggota Pelindung Masyarakat (Linmas). Dari bantuan instansi lain itu, total pasukan gabungan yang turut membantu pengamanan Pilkada Jabar ada sebanyak 41.381 personel.

Baca juga :  Bakal Ada Muka Baru Ditatanan DPRD Kab Bogor

Tak hanya itu, Polda Metro Jaya juga menetapkan Siaga I bagi jajarannya Pilkada Serentak. Status ini diterapkan karena keseriusan polisi dalam mengamankan Pilkada 2018. Polda Metro Jaya ingin agar pelaksanaan pesta demokrasi di beberapa wilayah yang menyelenggarakan Pilkada 2018 ini berjalan dengan aman dan lancar.
Daerah di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang menyelenggarakan Pilkada 2018 adalah Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang.ALF*