Pihak Pemborong Bantah Tinggalkan Proyek Talud Cibagolo

  • Whatsapp

BOGOR, kabar1.com – Pihak pemborong membantah dugaan telah meninggalkan proyek Tembok Penahan Tebing atau talud di bantaran kali Cibagolo di Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor.

Arif selaku pengawas proyek mengatakan, Talud masih terus dilakukan. Soal pemberhentian sejumlah pekerja proyek menurutnya, lantaran tidak efektif dan perlu secepatnya digantikan dengan pekerja yang baru.

Bacaan Lainnya

“Kami dari CV Langgeng Mulyo tidak pernah meninggalkan pekerjaan. Mas bisa lihat sendiri ini masih dalam tahap pengerjaan,” bantah Arif saat ditemui kabar1.com di lokasi proyek, Minggu (18/12/2017). “Pekerja kita berhentikan karena tidak efektif. Seharusnya per tanggal 15 Desember lalu pengerjaan ini sudah selesai. Akhirnya terpaksa kita ganti dengan 6 orang pekerja baru,” lanjutnya.

Diakui Arif, ambruknya Talud dua bulan lalu yang dinyatakan selesai pada Nopember tersebut, lantaran posisi kemiringan dan ketinggian tidak proporsional oleh para pekerja sebelumnya. Karenanya pihak pemborong segera memperbaiki bahkan membongkar kembali tembok lama dengan konstruksi yang baru agar lebih kokoh dan diyakini mampu menahan tebing.

“Iya, waktu itu memang kemiringannya 60 derajat dengan ketinggian sekitar 6 hingga 7 meter dan panjang 20 meter. Kebetulan juga kondisi terus-terusan hujan. Tapi sekarang sudah kita perbaiki dengan betonan yang berbeda dari sebelumnya, ini lebih kokoh,” katanya.

Disinggung soal besaran anggaran yang digunakan untuk pengerjaan Talud tersebut, Arif menuturkan hanya sebesar Rp. 139 juta rupiah yang merupakan penunjukan langsung (PL) dari Dinas PUPR.

“Jadi tidak benar kalau anggaran untuk pengerjaan ini sampai Rp. 200 juta rupiah. Dengan kondisi ini otomatis dua kali biaya kita keluarkan untuk pengerjaan. Tapi kami terus kerjakan dan yang penting ini bisa selesai dengan baik,” terang Arif.

Arif pun membantah jika pengerjaan awal dan yang kedua pasca ambruk dikerjakan asal-asalan. Menurutnya, pemborong telah melakukan pengerjaan sesuai gambar dan ketentuan.

“InsyaAllah, Rabu (20/12) proyek ini sudah bisa selesai dikerjakan,” pungkas Arif. (BSTN)

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
  • Whatsapp