Peserta BPJS Kesehatan Mudik Tak Harus Khawatir

KOTA BANJAR, Kabar1.com – Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) atau dikenal juga BPJS Kesehatan tidak perlu khawatir saat libur Lebaran 2018, tepatnya pada H-8 sampai H+8 atau 7-23 Juni 2018. Peserta JKN-KIS tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama libur Idul Fitri dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan seperti RSU dan Puskesmas.

Saat konferensi pers Kepala cabang BPJS Kesehatan Cabang Kota Banjar Jayadi menuturkan, untuk peserta JKN-KIS yang menjalani mudik, apabila membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

Baca juga :  Tidak Ada Elektoral Untuk Golkar Sebagai Pendukung Capres Jokowi-Ma'ruf

“Prinsip portabilitas pada Program JKN-KIS bisa dirasakan saat-saat mudik Lebaran. Sesuai dengan peraturan perundangan dan yang selama ini sudah berjalan, peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan di FKTP, walaupun peserta itu tidak terdaftar di FKTP tersebut. Hal tersebut juga sudah menjadi bagian dari perjanjian kerja sama antara BPJS Kesehatan dan faskes, dan faskes tidak diperkenankan menarik biaya tambahan,” ujarnya.

Baca juga :  DPD RI Desak Pemerintah Buka Keran Moratorium Pemekaran Daerah

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar, Direktur RSUD Kota Banjar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Direktur RSUD Kabupaten Ciamis, dan Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Pangandaran.

Kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur Lebaran juga berlaku bagi FKTP Non Puskesmas (klinik pratama dan dokter praktik perorangan) yang membuka praktik pelayanan kesehatan. Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur Lebaran di wilayah tersebut, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP maka peserta dapat dilayani di IGD Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

Baca juga :  Fitrah Dani : Ustadz Evie Effendi Harus Klarifikasi

“Semoga dengan pelayanan ini peserta BPJS Kesehatan bisa mudik dengan tenang dan tidak khawatir.” terang Jayadi.GDM






Pos terkait