Persempit Ruang Gerak Jaringan Internasional, BNN RI Galang Kekuatan Sejumlah Negara

Persempit Ruang Gerak Jaringan Internasional, BNN RI Galang Kekuatan Sejumlah Negara 106

JAKARTA, kabar1.com – Persempit ruang gerak sindikat pemasok narkoba ke tanah air, Badan Narkotik Nasional Republik Indonesia (BNN RI) melakukan lawatan ke sejumlah negara tetangga.

Salah satu negara tujuan lawatan kali ini adalah Perancis, dimana di negara tersebut merupakan jalur peredaran narkotika dari benua Afrika dan Eropa dengan tujuan negara-negara seperti Asia dan Indonesia khususnya.

Kepala BNN RI, Heru Winarko mengatakan hal ini merupakan rangka perluasan jaringan sebagai upaya antisipasi menekan peredaran gelap narkoba di Indonesia melalui jaringan internasional.

“Tujuannya agar sinergis antar penegak hukum di bidang narkotika dan peningkatan kemampuan antar lembaga,” katanya saat melakukan kunjungan Delegasi BNN RI ke Perancis dipimpin langsung Kepala BNN RI, Drs. Heru Winarko, SH dan didampingi Deputi Hukum dan Kerjasama serta beberapa pejabat utama lingkungan BNN RI, Selasa (12/11).

Dalam lawatannya, Heru sempat beraudensi dengan lembaga internasional, diantaranya National Drugs Enforcement Agency (OCTRIS) dan Specialized operational data analysis (SIRASCO).

“OCTRIS sebagai badan yang bertugas menangani kejahatan narkotika dan SIRASCO merupakan badan penegak hukum yang mempunyai tugas untuk mendukung kegiatan intelijen terkait dengan Organized Crime,” paparnya

“Kami berharap semua dapat meningkatkan kerjasama dengan kedua lembaga tersebut dalam rangka penanggulangan masalah narkotika serta peningkatan kapasitas dan kemampuan penyidik di kedua belah pihak,” tambahnya.

Tidak lupa, ia juga menyempatkan diri bertemu Duta Besar RI untuk Perancis, Armanatha C. Nasir di Kedutaan Besar RI di Paris, Perancis.

Dalam sambutannya Duta Besar menyatakan siap mendukung semua upaya yang dilakukan BNN RI terutama dalam hal peningkatan kerjasama dengan counterpart di Perancis, “Karena Perancis mempunyai potensi besar di berbagai bidang yang dapat membantu tugas BNN,” tutup Armanatha.(SATRIA***)

READ  Ada Makanan Mengandung Zat Berbahaya di Pasar Cibinong
tutup

Ad Blocker Detected!

Refresh