Perhutanan Sosial Dorong Ekonomi Rakyat Jawa Barat

Perhutanan Sosial Dorong Ekonomi Rakyat Jawa Barat 1

CIANJUR, kabar1.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengapresiasi program perhutanan sosial yang dicanangkan pemerintah beberapa waktu yang lalu. Menurutnya, program yang menjadi salah satu andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mampu mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Program hutan sosial mengurangi jurang akses peluang ekonomi di daerah,” ujar Ridwan Kamil disela kegiatan penyerahan surat keputusan (SK) pemanfaatan perhutanan sosial seluas 13.900 hektare dari Presiden Jokowi kepada 8.900 kepala keluarga (KK) di Cianjur dan sekitarnya di Wana Wisata Pokland, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi Cianjur, Jawa Barat, Jumat (8/2).

Menurut Ridwan Kamil, Perhutanan sosial memberikan akses bagi masyarakat untuk mengelola lahan hutan dan memungkinkan masyarakat menghasilkan pendapatan dari lahan hutan tersebut. Ia menilai, selama ini ketimpangan ekonomi menjadi salah satu masalah di Provinsi Jawa Barat. Padahal, Jabar menyimpan sejumlah potensi ekonomi di daerahnya. Ia mencontohkan, Cianjur yang memiliki potensi ikan dan beras.

Selain pengelolaan lahan, Ridwan berharap adanya akses tol yang akan meningkatkan ekonomi Jawa Barat. “Pemerintah pusat menyiapkan akses tol Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung,” terang Ridwan Kamil.

Jalan tol tersebut akan meningkatkan aksesibilitas Jawa Barat. Sehingga distribusi hasil potensi Jawa Barat dapat lebih mudah.

Di tempat yang sama, Presiden Jokowi mengatakan setiap KK akan mendapatkan 1,5 hektare lahan. Mereka dapat memanfaatkan lahan tersebut selama 35 tahun. Jokowi berharap, penerima SK Perhutanan Sosial harus mampu menjadikan lahan tersebut menjadi produktif.

Jokowi mempersilahkan para petani menanam berbagai tanaman kopi, cengkeh, dan tanaman palawija lainnya agar lahan menjadi produktif.

“Tapi saya ingatkan, kalau sudah diberikan seperti ini jangan pikir tidak saya cek. Produktif atau tidak, ditelantarkan atau tidak,” tandasnya.

Dalam acara ini, Jokowi menyerahkan 9 trophi bagi 9 tokoh hutan sosial pilihan Koran Tempo, penyerahan SK hutan sosial juga serta penyerahan KUR dan CSR. Hadir mendampingi Presiden Jokowi, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri BUMN Rini Soemarno, Mensesneg Pratikno, dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.(FID/JAY/ES)

Pos terkait