Penegakan Hukum Disorot

9
ilustrasi

JAKARTA, kabar1.com – Penegakan hukum di Indonesia disorot. Ketua F-PPP DPR RI Hj Reni Marlinawati mengingatkan, komitmen Indonesia sebagai.negara hukum ditegaskan dalam UUD 1945.

“Kondisi hukum belakangan ini telah menjadi sorotan dan menuai berbagai kritik,” kata Reni Marlinawati saat menyampaikan “Refleksi Akhir Tahun 2017 dan Proyeksi Tahun 2018 Fraksi PPP DPR RI” di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (28/12/2017).

Kondisi hukum itu disebut mulai dari penegakan hukum, kesadaran hukum, kualitas hukum, ketidakjelasan berbagai hukum yang berkaitan dengan proses berlangsungnya hukum dan juga lemahnya penerapan berbagai peraturan.

Praktek penyelewengan dalam proses penegakan hukum seperti mafia hukum di peradilan, lalu peradilan yang diskriminatif atau rekayasa proses peradilan menurut PPP adalah realitas yang gampang ditemui dalam penegakan hukum di negeri ini.

“Misalnya beberapa kasus seperti kasus sejumlah ulama yang dituduh sebagai anti Pancasila, dituduh aebagai.mengubar kebencian dan penghinaan terhadap seseorang atau tokoh tertentu,” kata Reni.

Dia juga menyebut kasus yang menimpa penyidik senior KPK Novel Baswedan, hingga saat ini belum jelas dan belum ada kemajuan dalam penanganan perkaranya.

“Hal ini menjadi catatan buruk dalam penegakan hukum sepanjang tahun 2017,” ujarnya.FUZ

Komentar anda