Home / Nasional / Pemerintahan / Peristiwa / Teknologi

Rabu, 30 Oktober 2019 - 13:02 WIB

Pemkot Tangsel Ingin Cetak Blangko E-KTP Sendiri, Karena…

TANGSEL, kabar1.com – Alasan selalu terbatasnya blangko Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), membuat warga Tangerang Selatan jengkel. warga mendorong Pemerintah Kota Tangsel dapat mengadakan blangko e-KTP secara mandiri. Namun, keinginan Pemkot Tangsel belum dapat direalisasikan akibat terbentur kewenangan pemerintah pusat terkait regulasi pengadaan blangko e-KTP itu sendiri.

Baca juga :  Disdukcapil Kabupaten Bogor Butuh 500 Ribu Blangko e-KTP

“Sudah mengusulkan itu (pengadaan blangko), tapi memang tidak segampang itu,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tangerang Selatan Dedi Budiawan dikutip kompas, Senin (28/10/2019).

“Karena itu, untuk memenuhi usulan itu pemerintah pusat harus mengubah undang-undang Adminduk. Karena salah satu pasal disitu disebutkan kalau pengadaan blangko KTP Elektronik urusan pemerintah pusat. Dan saat ini sedang mencari perubahan regulasi agar blangko bisa diserahkan ke daerah,” paparnya.

Baca juga :  Alhamdulillah, Bikin Akta Lahir Sekarang Bisa Lewat Online

Menurutnya, saat ini pemerintah pusat juga tengah mencari cara agar perubahan kewenangan pengadaan blangko e-KTP yang semula ditangani pusat, bisa ditangani pemerintah daerah. “Kalau diserahkan kita siap dan APBD kita mampu untuk itu,” tegas Dedi.

Baca juga :  KPK Bodoh Jika Lindungi 4 Politisi PDIP

Selain upaya tersebut, pemerintah Pusat juga sedang mempersiapkan pengadaan blangko di daerah-daerah nantinya, melalui sistem e-katalog.

“Mungkin semua itu perlu waktu dan sambil menunggu waktu berjalan, pengadaan blangko bisa segera teratasi paling tidak secara bertahap,” katanya.

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Peristiwa

Mobil Dinas Renggut Nyawa Pengendara Motor

Pemerintahan

Bupati Bogor Hadiri Sidang Paripurna Hari Jadi Bogor Ke-536 Tahun

Daerah

Alhamdulillah, Bikin Akta Lahir Sekarang Bisa Lewat Online

Daerah

Tukimin dan Rara Meraih Penghargaan Dari Kepala BPN Kota Bogor