Home / Potensi Wilayah

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:51 WIB

Pemkot Banjar Jahit Bendera Terpanjang, Ini Penjelasannya

BANJAR, kabar1.com – Pecahkan rekor Muri, Pemkot Banjar jahit bendera merah putih terpanjang se-Indonesia, Kamis (16/08). Total panjang meliputi perbatasan provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah atau sekitar 3,3 kilometer di kawasan jalan utama Siliwangi, Kota Bnajar, Jawa Barat.

Dalam pelaksanaannya, Pemkot Banjar melibatkan sedikitinya 6.600 terdiri dari unsur Polres Banjar, Kodim 0613 Ciamis, pelajar, Forkopimda, hingga ASN serta elemen masyarakat Kota Banjar.

“Tujuan utama acara ini untuk menggelorakan semangat merah putih yang di wariskan para pejuang, mempertahankan kesatuan dan persatuan Republik Indonesia,” terang Kapolres Banjar, AKBP Matrius.

Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih hadir memimpin perhelatan menuturkan proses penjahitan kain merah putih ini memiliki makna spirit kebangsaan. Makna, yang menurutnya, dapat diartikan sebagai upaya sebagai bentuk gotong royong dalam mempertahankan kedaulatan NKRI.

“Dulu Ibu Fatmawati istri Bung Karno menjahit bendera dengan sendiri. Perjuangan pahlawan kala itu, ingin berjuang untuk kemerdekaan Indonesia,” paparnya.

Untuk diketahui, Indonesia pernah mencatat rekor jahitan bendera sepanjang 3.000 meter. Kali ini, Kota Banjar kembali mengabadikan dengan rekor barunya sepanjang 3300 meter. Momentum ini, akan diabadikan Pemkot Bogor dengan menanamkan pemahaman menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme, karena sebuah perjuangan pengibaran bendera merah putih ini tidaklah mudah.DGM

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Potensi Wilayah

Ini Jejak Rekam ‘Si Raja Ngecor’ dari Bogor

Ekonomi

Gubernur Banten Resmikan Pembangunan RTLH di Lebak

Potensi Wilayah

Hadiri Halal Bihalal, Wabup Lebak Masyarakat Maja Harus Siap Hadapi Perubahan

Potensi Wilayah

Sawarna Jadi Destinasi Primadona Wisatawan Domestik