Pemerintah Izinkan Usia Muda Kembali Bekerja, Ini Alasannya

JAKARTA – Pemerintah Indonesia akan mengizinkan masyarakat berusia di bawah 45 tahun untuk kembali beraktivitas disaat wabah pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo sebagai salah satu langkah upaya pemerintah untuk memutus rantai pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan sejumlah pengusaha di tengah wabah pandemi Covid-19.

“Kelompok ini kita berikan ruang aktivitas lebih banyak sehingga potensi terkapar PHK kita kurangi,” papar Doni saat konferensi pers yang diselenggarakan melalui live streaming usai rapat terbatas, Senin (11/5/2020).

Berdasarkan catatan Gugus Tugas, masyarakat yang berusia di bawah 45 tahun hanya sekitar 15% yang terpapar Covid-19. “Secara fisik, mereka memang terlihat lebih sehat ketimbang kelompok rentan,” ungkap Doni.

“Kelompok muda di bawah 45 tahun mereka secara fisik sehat, punya mobilitas tinggi, dan kalau terpapar, mereka belum tentu sakit karena tak ada gejala,” kata Doni.

Meski begitu, Doni mensyaratkan, kelompok pada usia tersebut bisa mendapatkan ruang untuk kembali beraktivitas dengan catatan tidak memiliki gejala Covid-19. Hal ini didasari melalui mayoritas data yang menunjukkan bahwa kelompok ini tidak masuk dalam kelompok rentan.

“Seluruh bangsa dunia berupaya jaga keseimbangan agar tidak terpapar virus dan terkapar PHK. Bantuan media bisa melakukan upaya sosialisai agar bangsa kita mengakhiri wabah ini,” ujar Doni.*/STR


Hosting Unlimited Indonesia

Hosting Unlimited Indonesia

Indonesia

Positif
63,749
+1,607 (24 Jam)
Meninggal
3,171
+82 (24 Jam)
Sembuh
29,105
45.66%
Reaktif
31,473
49.37%