Pasien Positif Covid-19 di Kab Bogor Jadi 7 Orang

Pasien Positif Covid-19 di Kab Bogor Jadi 7 Orang 1
istimewa

BOGOR – Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bogor, bertambah. Total, ada 7 orang yang dinyatakan positif, dimana satu diantaranya meninggal dunia. Terbaru, remaja asal Parung Panjang berusia 15 tahun dirujuk ke RS Wisma Atlit pada Rabu (23/3/2020).

Bupati Bogor, Ade Yasin membenarkan hal ini. Namun, politisi Partai Persatuan Pembangunan ini tak mengungkap secara pasti penyebab perempuan positif Corona ini. “Perempuan 15 tahun (dari) Kecamatan Parung Panjang. Proses rujuk (ke) Wisma Atlet,” kata Ade Yasin.

Sementara itu, dari data monitoring harian Pemkab Bogor pada Rabu (23/3/2020) pukul 19.00 WIB, selain 7 orang yang positif Covid-19, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) ada 161 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 58 orang.

Sekedar diketahui, sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa virus corona bisa bertahan di udara selama beberapa waktu, bergantung pada panas dan kelembabannya.

Selain itu, virus tersebut juga bisa bertahan selama satu hari di permukaan kertas karton serta dua hingga tiga hari pada permukaan baja dan plastik. Namun, masih sangat banyak informasi yang belum jelas soal virus yang bermula di Kota Wuhan, provinsi Hubei, China itu.

Perlu diketahui bahwa virus corona atau SARS-CoV-2 bukanlah flu. Virus corona menyebabkan penyakit dengan gejala yang berbeda, menyebar dan membunuh lebih mudah serta berasal dari keluarga virus yang sama sekali berbeda dengan penyebab flu biasa.
Angela Rasmussen dari Columbia University mengatakan, struktur virus corona memberikan petunjuk bagaimana virus itu menyebar begitu cepat. Menurutnya, virus corona berbentuk bola runcing, seperti paku.

Paku-paku itu kemudian mengenali dan menempel pada protein ACE2 yang ada pada permukaan sel manusia. Ini menjadi langkah awal menuju infeksi. ACE2 adalah enzim yang menjadi perantara perubahan angiotensin atau hormon untuk mengerutkan pembuluh darah sehingga terjadi peningkatan tekanan darah. ACE2 adalah tempat masuknya beberapa jenis virus corona ke dalam sel tubuh manusia, termasuk SARS-CoV yang menyebabkan SARS. FUZ

Pos terkait