Panwaslu Kab Bogor Temukan Banyak Pelanggaran Kampanye

BOGOR, kabar1.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bogor, menemukan sejumlah dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan sejumlah tim pendukung, relawan calon Kepala Daerah yang hingga saat ini terus berlomba meraih simpati warga.

“Memang temuan banyaknya di kecamatan, ada yang naik ke kami juga. Saat ini yang lagi kami kerjakan ada enam pelanggaran. Ini ada beberapa yang sudah ditindak oleh kami,” Ketua Panwaslu Kabupaten Bogor, Ridwan Arifin.

Baca juga :  Titik Soeharto Gelar Bimtek Caleg se-DPW Provinsi Jambi

Ia menerangkan, temuan atas pelanggaran atribut kampanye yang ditangani oleh pihaknya bervariasi. “Ada spanduk yang desainnya tidak sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh KPU, ada yang curi start dan tempat yang bukan di zonanya,” terangnya.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya akan melangsungkan pertemuan dengan KPU dalam waktu dekat ini. “Terkait dengan zona untuk spanduk itu masih banyak yang tidak sesuai. Makanya untuk kejelasan zoning-zoning itu, kami ingin ketemuan lagi dengan KPU,” ungkapnya.

Baca juga :  Warga Sentul Ancam Demo Pabrik Ilegal

Ia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk penertiban pelanggaran alat peraga kampanye tersebut.

“Kami sudah mengeluarkan surat ditujukan ke Bupati dan KPU sebelum masa kampanye, karena untuk penertiban pelanggaran seperti spanduk maupun umbul-umbul itu tidak hanya dilakukan oleh kami tapi juga pemerintah daerah,” katanya.

Baca juga :  Data Validitas Pemilih di Jabar Belom Sinkron Dengan DPT

Lebih lanjut ia memaparkan, pelanggaran bukan hanya didapat pada atribut Pemilukada Kabupaten Bogor dan Jawa Barat, tapi juga diluar itu. “Bukan hanya Pibup dan Pilgub, ada pelanggaran spanduk Pileg dan Pilres yang sudah dikeluarkan sekarang. Bukan hanya itu, ada juga kasus pembakaran simbol partai. Pelangaran itu lagi kami usut lebih dalam,” paparnya.FUZ






Pos terkait