Panen Raya, Poktan Mekar Hasilkan 8,5 Ton Gabah Basah

BOGOR, kabar1.com – Sebanyak 8,5 ton gabah basah berhasil dipanen Dinas pertanian bersama Kelompok Tani Mekar Kp. Pilar I Rt.05/06 Kelurahan Sindangbarang, Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, Kamis (9/11/2017)

Panen Raya di lahan seluas 1 hektar ini, dibuka secara simbolis oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Bogor, Irwan Rianto. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Staf Kodim 0606 Kota Bogor Mayor Inf Daru Nurcahyo bersama jajaran Muspika Kecamatan Bogor Barat dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Sindangbarang Aiptu Aris Widiyanto.

Baca juga :  Panen Raya Di Wewengkon Adat Kesepuhan Citorek Turut Membawa Berkah 

“Alhamdulillah, dilahan satu hektar ini berhasil dipanen sebanyak 8,5 Ton gabah basah oleh Kelompok Tani Mekar,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Bogor, Irwan Riyanto disela selan panen. “Jika lahan semakin luas maka hasil panen pun akan semakin banyak,” lanjutnya.

Karenanya, guna ketahanan dan membantu pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat sekitar, Irwan berharap, Kelompok Tani Mekar dapat menjaga stabilitas lahan pertanian yang ada saat ini dan tidak dijadikan sebagi kawasan pemukiman.

Baca juga :  Kerjasama Wisata Budaya, Ridwan Kamil Lawatan Baduy Dalam

“Oleh karena itu besar harapan kami, kelompok tani agar mempertahankan lahan atau sawah ini untuk tidak dijadikan rumah ataupun bangunan lain.” harap Irwan.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kelurahan Sindangbarang Aiptu Aris Widiyanto yang tdurut hadir dalam Panen Raya tersebut mengatakan, panen yang dihasilkan Kelompok Tani Mekar ini dapat meningkatkan produktifitas para petani pada musim panen berikutnya.

Baca juga :  Agun Gunandjar Sudarsa Berikan Materi Di LK II HMI Tingkat Nasional

“Meski belum bisa menutupi kebutuhan pangan bagi seluruh masyarakat, namun upaya ini perlu terus ditingkatkan. Dan Insya Allah akan terus meningkat di panen panen berikutnya,” kata Aris.

Usai melaksanakan Panen Raya, kegiatan dilanjutkan dengan ngaliwet dan bersama.  (Bstn)