Home / Pendidikan

Kamis, 20 Februari 2020 - 23:43 WIB

OSIS SMK AL-Kaffah Ajarkan Demokrasi melalui Mubes dan Pergantian Kepengurusan

PANDEGLANG – Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al Kaffah Cikedal menggelar Musyawarah Besar dan Pemilihan umum Ketua dan Wakil Ketua Periode 2020-2021 dilingkungan SMK Al-Kaffah, Cikedal, Pandeglang, pada Kamis (20/2/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua bentuk kegiatan, yang pertama Musyawarah Besar (MUBES) dan yang kedua pemilihan umum raya Ketua dan wakil ketua OSIS. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan 1 tahun 1 kali. Sebuah pembelajaran kepada siswa bahwa cita cita dan harapan yang besar harus ditempuh dengan cara bermusyawarah agar setiap siswa bisa saling memahami keinginan dan tujuan masing-masing.

Baca juga :  Puluhan Siswa SMPN 12 Kota Bogor Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman sekaligus praktik dalam berdemokrasi,  mengingat Tingkat sekolah menengah kejuruan sudah banyak yang masuk kategori pemilih pemula dalam pemilu yang sebenarnya.

Kepala Sekolah SMK Al Kaffah Cikedal, Feri Kurniawan dalam sambutanya saat acara pembukaan Mubes menyampaikan bahwa pengurus OSIS harus mempu menjadi contoh buat rekan-rekannya, harus kreatif dalam menyusun dan melaksanakan program kerja. “Karena OSIS mengajarkan kita kedisiplinan, kepemimpinan, dan kesetiakawanan maka itu OSIS diharapkan juga mampu menjaga ketertiban di lingkungan sekolah baik keamanan, kebersihan,  serta membawa nama SMK AL Kaffah menjadi sekolah yang unggul di wilayah Provinsi Banten,” katanya.

Baca juga :  Kepala SMPN 1 Jonggol Lantik Pengurus OSIS

Lebih lanjut, Feri juga berjanji akan memberikan apresiasi setinggi tingginya bagi siswa/i yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan sekolah, berupa jaminan keamanan apabila dalam menjalankan tugasnya pengurus OSIS mendapatkan tekanan dari pihak manapun, dan memeberikan point positif dalam bidang akademik.

Ditempat yang sama, Pembina OSIS SMK Al Kaffah Cikendal, TB Sofyan Taufiq, menyampaikan bahwa OSIS harus menjadi contoh bagi ektrakulikuler, dan juga menjadi menjadi contoh bagi siswa/i lainnya.  Ia juga berharap kepengurusan OSIS kedepan bisa mencontoh program-program yang positif yang telah dilaksanakan oleh kepengurusan sebelumnya tinggal dimodifikasi agar lebih menarik.

Baca juga :  Jika Tak Turun SK Bupati, Guru Honor Cianjur Bakal Mogok Ngajar

“Saya juga berharap agar kepengurusan OSIS ke depan agar lebih kompak karena organisasi tanpa pengurus yang kompak hanya akan menjadi beban bagi yang aktif. Semoga, kegiatan ini dapat menjadi ajang pembelajaran dan pendidikan demokrasi yang berdampak positif bagi siswa dan bagi demokrasi negara indonesia pada umumnya,” pungkasnya. RIZ

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Pendidikan

Edukasi DAS Citarum Melalui Seminar Pendidikan
PGRI Mendukung Keputusan Pemerintah Meniadakan UN Tahun 2020

Pendidikan

PGRI Mendukung Keputusan Pemerintah Meniadakan UN Tahun 2020

Pendidikan

Marak Tawuran Pelajar, Pengelolaan SMA/SMK Perlu Dievaluasi

Pendidikan

DAK Tak Cair, Pelaksana Terpaksa Berhutang