Home / Hukum Kriminal

Kamis, 4 Juni 2020 - 16:34 WIB

Nekat, Pelaku Kriminal Ini Nyaris Tipu Kapolsek

BOGOR – Kapolsek Cileungsi, Komisaris Polisi Endang S, nyaris jadi korban penipuan komplotan ganjal mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) pada Rabu, (3/6/2020). Beruntung, berkat insting tajamnya, pelaku berhasil langsung dibekuk saat itu juga.

Informasi yang diperoleh, kejadian ini bermula saat Kapolsek Cileungsi hendak melakukan transaksi pada sebuah mesin ATM Bank BNI yang berlokasi di SPBU Jalan Raya Narogong Cileungsi, Kabupaten Bogor, tiba-tiba kartu ATM yang digunakannya tersangkut didalam mesin.

Kemudian seseorang tidak dikenal yang berada di belakang Kapolsek dengan menggunakan penutup mulut mencoba membantu kartu ATM Kapolsek yang tersangkut di mesin.

Baca juga :  Saeful Dibacok, Solehudin Ditangkap Polsek Pamulihan

Karena merasa curiga dengan gerak-gerik pelaku, kemudian Kapolsek Cileungsi yang turut hampir menjadi korban tersebut, mencoba memancing pelaku untuk memberikan pertolongan.

Namun pelaku malah meminta Kapolsek Cileungsi untuk memasukkan kode pin ATM. Tidak berselang lama Kapolsek berhasil meringkus Pelaku ganjal ATM tersebut.

“Saya hampir jadi korban Penipuan dengan modus ganjal ATM, karena saya yakin ini merupakan sebuah tindak pidana sehingga saya langsung melakukan penangkapan di tempat kejadian”, ungkap Kapolsek Cileungsi Kompol Endang.

Baca juga :  Waduh, 8 Terapis Panti Pijat di Tangsel Diduga Terindikasi TPPO

Nekat, Pelaku Kriminal Ini Nyaris Tipu Kapolsek

Sementara itu, Kapolres Bogor, AKBP Roland Rolandy membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, saat akan dibekuk Kapolsek, pelaku pengganjal ATM tersebut turut serta melakukan perlawanan ketika hendak dilakukan penangkapan.

“Jadi benar, Kapolsek Cileungsi hampir menjadi korban dari pelaku pencurian uang pada mesin ATM dengan modus berpura-pura menolong orang yang kartu ATM nya tersangkut, namun berkat insting Kepolisian yang kuat dan terasah sehingga Kapolsek Cileungsi gerak cepat berhasil menangkap Pelaku”, ujar Kapolres Bogor.

Baca juga :  Polisi Dalami Kasus Ibu Bunuh Bayi, Sang Ibu Jalani Rekonstruksi

“Dan pada saat proses penangkapan pelaku ini memang sempat melawan Kapolsek, hingga diberikan tembakan peringatan namun akhirnya berhasil dibekuk dengan aman dan kondusif. Terhadap Pelaku kami kenakan Pasal 378 dan atau pasal 362 jo. Pasal 53 jo. dengan ancaman pidana diatas 4 tahun penjara”, tutup Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy.

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Hukum Kriminal

Rekapitulasi Suara Pilkada, IT KPU di Bombardir Hacker

Hukum Kriminal

Gunawan Bos Tambang Pasir Nameng diperiksa Krimsus Mapolda Banten

Hukum Kriminal

FBI Eksekusi Surat Perintah Penggeledahan Rumah Marliem

Hukum Kriminal

Warga Parung Panjang Gempar Penemuan Tulang Belulang Manusia di Kebun