Nanti, Beli Buku Pakai KIA, Anak di Kota Bogor Dapat Diskon

14

BOGOR, Kabar1.com – Anak – anak di Kota Bogor akan segera memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) pun terus melakukan berbagai persiapan salah satunya dengan mensosialisasikan kebijakan pemerintah pusat dan mendata jumlah anak yang akan diberi kartu tersebut.

Kepala Bidang Penyajian Informasi, Administrasi, Kependudukan dan Pemanfaatan Data pada Disdukcapil Kota Bogor, Ari Setyaningsih mengatakan, DPRD sendiri telah menyetujui anggaran pembuatan KIA sebesar Rp100 juta lebih yang berasal dari Anggaran belanja Tahunan (ABT).

“Jadi itu untuk pembelian mesin dan blanko. Rencananya akhir tahun akan mencetak seribu keping,” ungkap Ari belum lama ini.

Menurut Ari, program KIA sendiri sebenarnya telah dilaksanakan di 50 kota dan kabupaten seluruh Indonesia. “Untuk Kota Bogor sendiri diadakan lantaran adanya desakan dari masyarakat Kota Bogor yang menginginkan adanya kartu tersebut,” ucapnya.

Ari menjelaskan, ada dua jenis KIA yang akan diberikan kepada anak, yakni untuk anak usia 0 hingga 5 tahun dan 5 sampai 17 tahun minus satu hari. “Untuk KIA usia 0 sampai 5 tahun kartunya tidak memakai foto. Kalau untuk 5 tahun ke atas pakai foto. Kemudian baru diganti ke e-KTP,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Ari, KIA berfungsi untuk memudahkan anak dalam mendapat layanan publik. Misalnya, mendapatkan diskon saat belanja buku, mempermudah pembuatan rekening, dan fasilitas kesehatan.

“Jadi nanti anak yang lahir, selain dapat akte kelahiran juga dapat KIA. Untuk pembuatannya belum ditentukan, apakah di kecamatan atau Disdukcapil,” kata Ari mengungkas. (HRS)

Komentar anda