Musrenbang Cibuntu Fokus Kembangkan Pertanian

  • Bagikan

BOGOR, kabar1.com – Ada yang menarik dalam poin pembahasan pada rapat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa Cibuntu, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor pada Selasa (18/9/2018) pagi.

Jika biasanya Pemerintah Desa selalu memfokuskan pada infrastruktur dan leading sector pelayanan kemasyarakatan lainnya, Desa yang dipimpin Ahmad Yani justru lebih terfokus pada perkembangan pertanian masyarakat.

“Kami coba dorong apa yang menjadi potensi ekonomi warga kami. Dan sektor pertanian merupakan salah satu sandaran ekonomi warga, karena hamper mayoritas warga Cibuntu adalah petani,”papar Kades Ahmad Yani kepada kabar1.com.

Baca juga :  Begini Loh, Ngabuburit Ala Karang Taruna Desa Cimanggis

Salah satu upaya Yani adalah dengan membentuk badan usaha berupa simpan pinjam bagi para petani. Langkah ini merupakan sebuah terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan warganya.

“Luas pertanian kami mencapai 130 hektar dari total luas wilayah Desa Cibuntu. Artinya perlu perhatian khusus untuk mendongkrak kesejahteraan warga. Mudah-mudahan, apa yang kita rencanakan dalam Musrenbang ini bisa berjalan dengan baik,”imbuhnya.

Baca juga :  Bupati Bogor Akui Produk Ekraf  Kabupaten Bogor Berkualitas dan Berkelas

Selain pertanian, dalam Musrenbang yang dihadiri perwakilan unsur Muspika Kecamatan Ciampea, termasuk seluruh RT/RW di desa itu, beberapa leading sektor juga masuk dalam skala prioritas pembangunan.

Diantaranya infrastruktur, sarana kesehatan hingga kebutuhan lain yang sifatnya diluar fisik. “Tetap kami masukan sebagai prioritas, karena untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tak cukup di satu sektor saja, melainkan butuh adanya sektor-sektor pendamping lain yang saling menunjang. Contoh infrastruktu, pertanian akan stagnan jika jalan yang dilewati petani menjual hasil tani nya rusak karena ongkos yang mahal misalnya. Karena itu, kita akomodir semua demi kesejahteraan warga,” pungkasnya.






  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *