SUMEDANG – Pengerjaan Proyek tol cisumdawu (Ccilenyi Sumedang Dawuan) terus dikebut.

khususnya dari seksi satu hingga tiga. Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi pada Kementrian Koordinasi (Kemenko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Ir. Rusli Rahim mengatakan, bahwa pengerjaan proyek tol cisumdawu terus kita percepat.

Pasalnya, mulai dari seksi dua hingga tiga akan digunakan saat arus mudik balik lebaran tahun 2020.

“Pengerjaan Tol Cisumdawu ini terbagi menjadi 6 seksi dan dari seksi satu hingga tiga proses pekerjaan infrastrukturnya tengah dioptimalkan, mengingat saat arus mudik balik nanti dapat digunakan untuk mengurai kemacetan di jalan raya Bandung-Sumedang,” ujarnya kepada wartawan seusai Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Tol Cisumdawu di Hotel Puri Kahtulistiwa Jatinangor, Jum’at (13/3/2020).

Rusli menambahkan, masih ada beberapa kendala dilapangan yang mesti diselesaikan secara seksama oleh sejumlah pihak terkait, terutama terkait proses pembebasan lahan.

“Kami mendorong agar semua pihak terkait dapat bekerjasama dan bersinergi dalam menyelesaikan proses pembebasan lahan ini,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya tengah mengupayakan bagaimana aksesibilitas ke Tol Cisumdawu itu di optimalkan.

Tak hanya itu, dirinya pun telah mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Bupati Sumedang untuk melakukan upaya-upaya dalam membantu percepatan Proyek Tol Cisumdawu.

Ditempat yang sama, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, peran Pemda Sumedang dalam membantu percepatan proyek Tol Cisumdawu  masih dilakukan dan terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak termasuk mengatasi bersama persoalan proses pembebasan lahan yang tengah berjalan.

“Selain kendala proses pembebasan lahan yang tengah berjalan, kami pun telah meminta pihak terkait agar jalan penunjang menuju akses Tol Cisumdawu di perlebar,” katanya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Cisumdawu I dan Soroja, Marthin Andreas Panjaitan mengakui, terkait proses pembebasan lahan Tol Cisumdawu pihaknya telah mendorong Pengadilan Negeri (PN) agar segera memutuskan penetapan konsinyasi mulai dari lahan yang masuk wilayah Cileunyi Kabupaten Bandung hingga Sumedang.

“Proses pembebasan lahan di seksi satu, dua hingga tiga ada yang sudah dibebaskan dan ada juga yang sedang berproses. Mengingat sebagian ruas Tol Cisumdawu akan di fungsikan saat momentum arus mudik balik lebaran 2020 dan saat ini pengerjaan infrastruktur tengah dikebut,” ujarnya. (Giw)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Selamatkan Anak Bangsa, BNK Lebak Gelar Sosialisasi P4GN ke Sekolah

LEBAK, www.kabar1.com – Maraknya peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang di tengah lingkungan…

Pink Run, Bima Arya : Kanker Bisa Menyerang Siapa Saja

KOTABOGOR, bogor1.com – Dalam rangkaian kegiatan Bulan Peduli Kanker Payudara Internasional (Breast…

Eksekusi Puncak, Satpol PP Tunggu Titah Bupati Bogor

BOGOR, kabarsatu.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor, sebagai…

4 Program Kreatif Kapolres Sumedang

SUMEDANG – Bertempat di Kantor Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang, Polres Sumedang melaksanakan…