MSBI Masih Menunggu Hasil Lobi BM Perihal Dukungan Presiden RI

  • Whatsapp

JAKARTA, kabar1.com – Optimisme Masyarakat Sepak Bola Indonesia (MSBI) melihat peluang Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 rupanya tidak main-main.

Hal ini dibuktikannya dengan mendorong ketua DPR RI DPR RI Bambang Soesatyo untuk menemui Presiden Joko Widodo perihal jaminan pemerintah pusat terkait dukungannya agar Indonesia dapat menjadi penyelenggara piala dunia 2022 mendatang.

Bacaan Lainnya

“Jepang sekarang memilih fokus untuk menggelar Olimpiade Tokyo 2020, Australia sudah menyatakan menyerah. Jadi kami mengatakan kepada Ketua DPR bahwa momentum ini harus kita manfaatkan. Oleh karena itu, ada baiknya pemerintah melalui Presiden Jokowi memberikan jaminan kepada FIFA bahwa Indonesia siap jadi tuan rumah,” kata Ketua MSBI, Sarman El Hakim.

Sarman juga menjelaskan, Indonesia memiliki peluang besar karena terbilang yang paling siap, lantaran baru saja menggelar Asian Games 2018 lalu. Selain itu, Indonesia juga pernah mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 bersama Jepang, Korea Selatan, dan Australia.

Peluang itu, ungkapnya, setelah status Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 terancam batal akibat terungkap kasus suap kepada mantan Presiden Konfederasi Sepakbola Eropa (UEFA), Michel Platini semasa proses pencalonan.

“Platini sempat ditahan oleh aparat kepolisian Prancis karena dugaan ini. Induk sepakbola dunia (FIFA) pun langsung menggelar pertemuan rahasia guna mencari cara agar masalah ini tak tambah rumit, itu yang saya dengar,” tutur Sarman.

Melihat adanya kemungkinan Qatar batal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, MSBI mendesak pemerintah untuk memanfaatkannya. “Sebab, jika hal itu terjadi, jatah tuan rumah akan dialihkan ke negara Asia lainnya,” pungkas Sarman.

Untuk diketahui, sebelumnya Bambang Soesatyo yang ditemui MSBI untuk mendorong pemerintah agar proaktif melakukan lobi, Rabu 26 Juni 2019 lalu menyambut baik perihalnya itu. Bahkan Dia berjanji untuk segera menyampaikan aspirasi tersebut kepada Jokowi, yang menurutnya, Indonesia mampu menggelar hajatan sepak bola terbesar di dunia itu.

“Semoga pemerintah menyambut baik Piala Dunia ini. Karena penggemar sepakbola Indonesia ini sangat luar biasa. Untuk kesiapan pastinya tergantung pemerintah. Tapi, saya kira, Indonesia siap mengingat kita baru saja menggelar Asian Games dengan sukses,” ucapnya.

Tidak mudah untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah tunggal ajang sekelas Piala Dunia. Bukan cuma dengan memiliki sejumlah stadion yang standar internasional. Pengalaman menjadi tuan rumah juga jadi pertimbangan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria dalam kesempatan terpisah mengatakan Indonesia akan mencoba mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Mereka akan menggandeng beberapa negara tetangga untuk jadi tuan rumah bersama.

Sebelum sampai ke sana, Tisha mengatakan pihaknya akan coba mengajukan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Hal itu dilakukan sebagai langkah awal menuju Piala Dunia 2034.

“Jadi sebelum kita sampai ke sana, ada dulu yang harus kita lewati, yaitu Piala Dunia 2021 U-20. Kita akan coba bidding, prosesnya sedang dilakukan,” kata Tisha.

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia