Home / Nasional

Kamis, 26 Maret 2020 - 14:49 WIB

Masinton : Tak Ada Salahnya Bahas Lockdown

JAKARTA – Penerapan lockdown dalam upaya pencegahan virus Covid-19 dinilai masih menjadi opsi efektif dalam meminimalisir penyebaran, khususnya di DKI Jakarta. Hal itu ditegaskan anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu.

Ia pun meminta pemerintah pusat mempertimbangkan opsi lockdown DKI Jakarta. Sebab, setengah dari kasus Covid-19 berasal dari Jakarta. “Tidak ada salahnya membahas dan mempersiapkan opsi lockdown sebagai alternatif terakhir untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta,” kata Masinton kepada wartawan, Kamis (26/3/2020).

Masinton pun mengingatkan pemerintah pusat dan pemerintah DKI Jakarta jangan egois. Dia mengatakan, keselamatan masyarakat adalah yang utama.

Baca juga :  Anwar Ibrahim Temui Jokowi di Istana Bogor

“Keselamatan dan kesehatan rakyat adalah yang utama. Singkirkan egoisme, bangun sinergitas dan solidaritas antar pemerintahan pusat dan daerah,” kata dia.

Masinton mengatakan, pemprov DKI harus mau mendengarkan dan melaksanakan arahan pemerintah pusat. Namun, pemerintah pusat juga harus akomodatif mendengar aspirasi daerah. “Kita belum terlambat, asal kita mau mempersiapkannya secara profesional,” imbuhnya.

Legislator asal Jakarta ini menyebut, pemerintah pusat dan DKI dapat melaksanakan langkah mitigasi bersama secara cepat, terukur dan efektif. Seluruh sumber daya dapat dikerahkan.

Baca juga :  Rabu 15 April, Pasien Positif Covid-19 di Kab Bogor Bertambah, 1 PDP Meninggal Dunia

“Perbanyak layanan RS rujukan Covid-19 di DKI Jakarta, prioritaskan APBD untuk belanja barang peralatan medis dan alat pelidung diri tenaga medis di seluruh RS rujukan. Perbanyak relawan medis dan paramedis,” kata Masinton.

Tak hanya itu, ia pun meminta pemerintah DKI Jakata mengerahkan seluruh pegawai dinas bersama-sama aparatur Kelurahan, RW dan RT untuk menyiapkan dapur-dapur umum dan mendistribusikannya ke wilayah padat penduduk. “Serta mempersiapkan masker maupun sanitizer secara massal untuk didistribusikan ke warga yang membutuhkan. Keamanan lingkungan dibantu oleh Kepolisian dan TNI,” lanjutnya.

Baca juga :  Stigma Teroris Adalah Islam Dinilai Menyesatkan

Masinton mengatakan, jika pusat dan daerah sepakat dengan opsi ini maka akan dapat dukungan masyarakat. Menurutnya masyarakat pun siap dengan opsi lockdown.

“Sejatinya warga Jakarta telah siap dengan opsi apapun, termasuk opsi lockdown. Rakyat menunggu persiapan dan kesiapan pemerintah pusat bersama pemerintah daerah DKI Jakarta,” kata dia. */FUZ/STR

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Pendidikan

Sambut Hari Pendidikan Nasional, PGRI Gelar Webinar dan Workshop “Self Driving for Teacher”

Nasional

Larangan Ceramah di Kampus, Pembodohan Yang Sangat Sistimatis

Daerah

Revitalisasi Sumpah Pemuda Bangun Kekuatan Mental Generasi Muda

Nasional

Elektabilitas Jenderal Gatot Tinggi