Masih Bau Limbah B3, Satgas Citarum Sektor X Lakukan Upaya Netralisir

BANDUNG BARAT, KABAR1.COM – Aroma menyengat dan tajam tercium dari aliran sungai Citarum di wilayah Raja Mandala Kulon, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, membuat Komandan Sektor 10 Sagas Citarum, Kol Inf Sulistiono geram kepada pihak-pihak yang telah merusak lingkungan dengan cara membuang limbah tanpa pengolahan yang baik dan ramah terhadap lingkungan yang berdampak buruk secara langsung maupun tidak langsung terhadap masyarakat sekitar aliran sungai.

 

“Bau menyengat tajam membuat tiap orang yang belum terbiasa tinggal di wilayah ini menjadi terganggu, sehingga perasaan mual hendak ingin muntah, ekosistem yang rusak dengan indikasi kehidupan di air nyaris punah seperti ikan, belut, udang maupun cacing tampak hilang dari kawasan ini. Demikian halnya kondisi ekonomi terlihat tidak bangkit sehingga membuat prihatin pada semua warga tampak pada kondisi rumah tinggal yang kurang layak dan tidak teratur semakin melengkapi kesusahan masyarakat sekitarnya,” ungkap Dansektor 10, Kol. Inf. Sulistiono, Jumat, 6 Juli 2018.

 

Baca juga :  Perselisilhan PT Sumber Alfaria Trijaya dan Warga Berakhir Damai

Penilaian ini yang membuat Dansektor 10 menjadi geram, “kapan citarum bebas dari semua penjahat lingkungan, supaya air yang mengalir bisa dimanfaatkan oleh masyarakat banyak, sehingga bisa menumbuhkan tanaman yang subur, ekosistem bisa normal bersimbiosis sehingga menjadi kemakmuran masyarakat dan meningkatkan perekonomian yang bersaing sebagaimana layaknya hidup pada sebuah kehidupan,” tambah Sulistiono.

 

Dengan semangat Program kembalikan Sungai Citarum kembali harum, Satgas Sektor 10 dibawah pimpinan Kol Inf Sulistiono akan terus melaksanakan kegiatan dengan menggerakan seluruh anggota Satgas yang beranggotakan 100 personil.  Seperti hari ini, (Jumat/6/7) Satgas Subsektor 1 Desa Rajamandala, Kampung Cisameng yang diketuai Kapten Arh Rony A bersama masyarakat Kampung Cisameng Desa Rajamandala Kulon laksanakan giat Apel, selanjutnya Tim Arhanud 3/YBY dengan kekuatan 29 orang dipimpin Peltu Hari S melakukan pembersihan material sekitaran lubang yang akan digunakan untuk penanaman tanaman flamboyan di sepanjang kiri kanan jalan RT01 RW25 Kp Cisameng, Pemasangan penahan disekitar lubang yang akan ditanami pohon flamboyan dengan menggunakan batang pohon pisang agar lubang tersebut tidak tertimbun material sampah ataupun tanah, Pembersihan bantaran sungai Citarum di sekitar wilayah RT 02 RW 25 Kampung Cisameung Desa Rajamandala Kulon.

Baca juga :  Dinas LH KBB Gandeng Satgas Citarum Harum Sidak Limbah Pabrik

 

Kegiatan yang meliputi pembersihan sampah, rumput dan alang-alang di sepanjang bantaran sungai Citarum di wilayah Rt 02/Rw 25 Kp Cisameung Ds Rajamandala Kulon yang dilaksanakan pada pukul 07.15 s.d selesai, Tim dari Kikav 4 dengan kekuatan 20 orang dipimpin Sertu Ferry W melaksanakan giat, Pembersihan lingkungan sekitar RT 01 RW 25 Kampung Cisameng Desa Rajamandala Kulon. Kegiatan meliputi pembersihan parit-parit serta anakan sungai Citarum diwilayah sepanjang RT 01 RW 25 Kampung Cisameng Desa Rajamandala Kulon. Sementara, Tim gabungan Zidam, Kesdam dan Bintal dengan kekuatan 16 orang dipimpin Kapten Arh Rony Abdurahman melaksanakan giat Sosialisasi Door To Door tentang kebersihan dan kesehatan lingkungan di wilayah RT 03 RW 25 Kp Cisameng Ds Rajamandala Kulon. Pembuatan sarana olahraga dengan memasang tiang pull up di sekitar lapangan bola RT 03 RW 25 Kp Cisameung Ds Rajamandala Kulon. Selanjutnya melakukan pemasangan penahan disekitar lubang yang akan ditanami pohon flamboyan dengan menggunakan batang pohon pisang agar lobang tersebut tidak tertimbun material sampah ataupun tanah.

Baca juga :  Terapkan Pola Preventif, PT Aswindo Pabrik Keempat Yang Luput Dari Pengecoran

 

Anggota Satgas dari Armed 5 dengan kekuatan 4 orang dipimpin Sertu Ansori melaksanakan giat, Sosialisasi Door To Door tentang kebersihan dan kesehatan lingkungan di wilayah RT 01 RW 25 Kp Cisameng Ds Rajamandala Kulon, pemecahan dan pengangkatan batu besar di dalam lubang yang akan digunakan untuk penanaman pohon flamboyan di sepanjang kiri kanan jalan RT 01 RW 25 Kp Cisameng.

 

Sementara, Satgas Subsektor 2 Desa Cihea Kampung Bantar Caringin, Tim raider 300 dengan kekuatan 8 orang dipimpin Koptu Sugeng H melaksanakan giat pembersihan sampah/semak belukar sekitaran SD Nurul Huda dan membersihkan sekitaran sungai di RT 01 RW 10 Kp Bantar Caringin Ds Cihea dari sampah sisa tembaga. ACP