Malam Pergantian Tahun, Puncak Ditutup 12 Jam

17
istimewa

BOGOR, kabar1.com – Seperti biasa memasuki malam pergantian tahun, Kepolisian Resort Bogor memberlakukan penutupan jalan selama 12 jam. Hal itu dikatakan Kapolres Bogor AKBP Andi Muchamad Diky Pastika.

Menurut dia, penutupan jalan dari Bogor menuju Puncak seperti sebelumnya yang pernah dilakukan. Penutupan jalan akan mulai pada pukul 18.00 WIB dan dibuka kembali pada pukul 06.00 WIB pagi. “Ya seperti biasa pada saat malam tahun baru arah dari Bogor menuju Puncak ditutup,” ujar Kepala Polisi Resort Bogor.

Penutupan jalan itu, kata dia, agar tidak terjadi adanya kemacetan total di jalur wisata Puncak saat malam tahun baru. Sementara, untuk kendaraan roda dua masih bisa memasuki kawasan Puncak, baik dari arah Jakarta maupun dari arah Cianjur. “Roda dua masih bisa masuk kawasan Puncak,” ungkapnya.

Ia menghimbau, bagi warga Jakarta dan kota lainnya yang akan menghabiskan malam pergantian tahun di kawasan wisata Puncak untuk melakukan perjalanan sebelum jalur Puncak di tutup.

Selain itu, Kapolres Bogor pun meminta masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun tidak menyalakan petasan dengan daya ledak tinggi. “Saya himbau bagi warga yang akan menghabiskan malam tahun baru di Puncak, agar sudah berada di hotel atau vila sebelum jalur di tutup,” bebernya.

Terpisah, menjelang perayaan Tahun Baru 2018 mulai dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor. Salah satunya, untuk mengurai atau mengatur kemacetan dengan membangun tiga posko.

Kepala Bidang Pengawasan Dishub Kabupaten Bogor, Bisma Wisuda mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah instansi terkait membahas persiapan pergantian tahun baru 2018. Bahkan, dirinya juga menyediakan tiga posko yang berada ditempat keramaian untuk mengurai kemacetan di Kabupaten Bogor.

“Jelang pergantian tahun baru 2017-2018, kami menerjukan 250 petugas yang akan disebar. Dan kami juga membangun tiga posko yakni seputaran Stadion Pakansari, Simpang Ciawi dan Pos 2 B,” terangnya.

Dalam posko tersebut, lanjut Bisma, terdapat tim gabungan yang di antaranya petugas dari Dishub Kabupaten Bogor, petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Kami akan fokus pada aktivitas masyarakat yang menggunakan jalur puncak. Mengingat mobilitas masyarakat  menjelang Natal dan tahun baru lebih banyak menggunakan transportasi,” ujarnya.FUZ

Komentar anda