Home / Kesehatan

Jumat, 24 Agustus 2018 - 20:53 WIB

Mahasiswa KKN Tematik Unsil Latih Ecovillage Buat Kompos

BANDUNG, kabar1.com – Menjelang akhir KKN Tematik di Bantaran Citarum, 5 mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya bersama Satgas Citarum mengajari Ecovillage Mekar Rancage Desa Mekar Rahayu, Margaasih Kabupaten Bandung, Jawa Barat membuat kompos dari sampah rumah tangga.

Selama ini, sampah rumah tangga dianggap tidak berguna dan langsung di buang, padahal semua sampah rumah tangga bisa dipergunakan sebagai pupuk tanaman agar menjadi subur dan menghindari hama.

Baca juga :  Publikasi Ilmiah Lampaui 2 Negara, Ini Datanya

Disaksikan oleh Dansektor 8 Kol Czi, Aby Ismawan dan Kades Mekar Rahayu, Hery Heriadi, mahasiswa KKN Tematik Unsil dan Satgas Citarum mengumpulkan sisa-sisa sampah rumah tanggauntuk bahan baru pembuatan kompos cair.

Mewakili Mahasiswa KKN Unsil, Dindin mengatakan, bahwa ini proses pembuatan kompos ini lamanya 3 Minggu. Jenis pupuk yang diproses yakni pupuk organik cair, dengan menggunakan Mikroba Pupuk Hayati.

Baca juga :  4 Orang Positif Covid-19 di Sumedang: 1 Sumedang Selatan, 1 Darmaraja dan 2 Jatinangor

“Produk ini hasil dari Fakultas Pertanian Unsil, takaran nya 20 ml/1 liter air, tergantung dari tingkat kekeringan bahan yang akan dibuat kompos,” terangnya.

Sementara itu Dansektor 8 mengapresiasi inisiasi mahasiswa KKN Tematik melalui program edukasi ilmu Pertaniannya kepada Ecovillage Mekar Rancage.

Baca juga :  Ini 10 Check Point Zona Merah PSBB di Kabupaten Bogor

“Pembuatan pupuk organik cair ini menggunakan sampah rumah tangga, jadi sangat mudah untuk dikumpulkan, cuma proses nya harus benar,” ujar Dansektor 8.

“Nanti kalau Ecovillage ini berhasil, kita akan transferkan lagi ilmu nya pada Ecovillage lain. Kalau semua bisa, manfaat pupuk organik cair ini bisa digunakan buat tanaman di Bantaran Citarum,” tutupnya.ACP

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Ini 10 Check Point Zona Merah PSBB di Kabupaten Bogor

Pemerintahan

Ini 10 Check Point Zona Merah PSBB di Kabupaten Bogor
Pasien Positif Covid-19 di Kab Bogor Bertambah, Satu Diantaranya Dokter

Kesehatan

Pasien Positif Covid-19 di Kab Bogor Bertambah, Satu Diantaranya Dokter

Kesehatan

Waspadai Keberadaan AFRIMS Sebagai NAMRU-2 Gaya Baru
Putus Mata Rantai Covid - 19, Koramil Jasinga Terapkan Warga Pakai Masker

Kesehatan

Putus Mata Rantai Covid – 19, Koramil Jasinga Terapkan Warga Pakai Masker