LSM Liputan Cium Dugaan Korupsi di Sejumlah Daerah di Jabar

Jumat, 6 Maret 2020 - 00:21 WIB

JAKARTA – Dugaan tindak pidana korupsi sepertinya menjadi wabah yang tak kalah fenomenal dengan virus Corona. Sebab, dampak yang ditimbulkan bukan hanya membahayakan tapi juga dapat mengancam korban jiwa.

Ironisnya, kendati mengancam kehidupan bernegara, korupsi bukan hanya menjadi budaya tapi juga kian mendarah daging, utamanya dikalangan pejabat. Dugaan ini bukan tanpa alasan. Wajar jika kemudian Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Liputan mencium banyak dugaan korupsi di sejumlah kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat.

Baca juga :  AKBP Roland Ronaldy Jabat Kapolres Bogor

“Banyak dugaan korupsi dalam tiga tahun ke belakang. Kami memiliki data yang cukup kuat. Tentunya, kami akan tindak lanjuti dengan serius, dan kita pasti laporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” papar Ketua LSM Liputan DPD Provinsi Jawa Barat, Irwan Saputra, Kamis (5/3/2020).

Irwan pun mencontohkan, beberapa dugaan korupsi yang terjadi di beberapa pemerintahan daerah yang ada di Jawa Barat. Mulai dari dana hibah, pemalsuan dokumen negara, manipulasi pajak hingga biaya perjalanan dinas fiktif.

Baca juga :  COD di Pom Bensin, Pengedar Upal Dibekuk Polisi

“Luar biasa jika kita berbicara soal kerugiaan negara. Bisa mencapai ratusan miliar. Jika ini dibiarkan bukan tidak mungkin akan sangat merugikan negara. Artinya, harus ada yang berani mengambil tindakan. Jangan sampai hal ini dibiarkan begitu saja, karena dugaan ini bukan tidak mungkin tidak melibatkan banyak pihak, terutama para pemengan kewenangan di tingkat Kota/Kabupaten dan Provinsi atau jangan-jangan ditingkat pusat,” ungkap Irwan.

Baca juga :  Korupsi Dana Desa, Mantan Kades di Bogor Masuk Penjara

Dirinya berharap, dengan langkah tegas yang diambil LSM Liputan, diharapkan bisa menjadi barometer dalam pemberantasan korupsi yang selama ini sudah menggerogoti negara. “Jangan biarkan korupsi terjadi, korupsi adalah musuh negara. Kami, LSM Liputan tak akan tebang pilih dalam penegakan aturan, terutama terkait tindak pidana korupsi,” tandasnya. RIZ

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Hukum Kriminal

Reserse Polda Jabar Ungkap Sindikat BBM Palsu

Hukum Kriminal

Lapas Pondok Rajeg Terapkan Virtual Account

Hukum Kriminal

Polres Bogor Tangkap Maling Spesialis Rumsong

Hukum Kriminal

Polres Bogor Otopsi Korban Pembunuhan di Parungpanjang