Home / Politik

Kamis, 20 September 2018 - 00:06 WIB

KPU Terima SK Pemberhentian Sembilan Kades

BOGOR, kabar1.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor telah menerima Surat Keputusan (SK) pemberhentian dari sembilan kepala desa yang memutuskan maju dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Komisioner KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni mengaku menerima SK tersebut tepat satu hari sebelum masa penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Legislatif yang rencananya dilaksanakan hari ini (Kamis 20/9/2018). “Semuanya sudah menyerahkan SK,” ujar Ummi dihubungi wartawan, Rabu (19/9/2018).

Penyerahan SK pemberhentian dari kepala desa mengartikan bahwa yang bersangkutan resmi sudah tidak lagi menjabat sebagai kades. “Pada tanggal 23 September para calon sudah memasuki massa kampanye,” kata Ummi.

Baca juga :  Tiga Kendaraan Tabrakan di Cijeruk

Sementara, pengawasan para calon legislatif secara menyeluruh terus dilaksanakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor.

“Pasca penetapan DCT nanti, ada waktu tiga hari menuju massa kampanye. Ini kemungkinan bisa dimanfaatkan oleh para calon untuk kampanye diam-diam. Makannya kami ingin memastikan itu tidak terjadi,” ujar Komisioner Bawaslu, Burhanudin.

Namun penetapan massa kampanye pada tanggal 23 pun tak mengartikan para calon dapat mempromosikan dirinya secara bebas. Burhan menegaskan, para calon tidak diperbolehkan untuk berkampanye dengan memasang iklan melalui media-media baik cetak ataupun elektronik.

Baca juga :  TGB Bantah Tudingan Berpolitisnya Terkait Gempa Lombok

“Sesuai ketentuan itu tidak diperbolehkan. Mereka hanya boleh berkampanye langsung kepada warga. Boleh melakukan kampanye melalui media, namun dengan catatan itu itu dilakukan pada tanggal 24 Maret hingga 13 April sebelum pemilihan tanggal 17. Itu pun dibiayai oleh KPU,” tambahnya menegaskan.

Sembilan kades tersebut diantaranya Kepala Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Nurodin (PKB Dapil 5). Kepala Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Juhdi Saepudin (PDIP Dapil 4). Kepala Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Ishak (PDIP Dapil 2).

Baca juga :  Pelanggaran Kampanye, Beddy: Segera Ditindak!

Selanjutnya Kepala Desa Cimulang, Kecamatan Rancabungur, Zaenuri (Gerindra Dapil 6). Kepala Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukamakmur, Muhamad Ansori Setiawan (Gerindra Dapil 2). Kepala Desa Cibening, Kecamatan Pamijahan, Wahyu Irawan (Golkar Dapil 4). Lalu, Kepala Desa Curug, Kecamatan Jasinga, Agus Awaludin (Golkar Dapil 5) dan Kepala Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Anwarudin (PPP Dapil 5).

Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Share :

BERITA TERKAIT

Politik

Demokrat Dukung Ade Yasin Jadi Bupati Bogor

Politik

Pilkada 2018, PKS Bangun Koalisi Besar Lawan Petahana

Politik

Kampanye di Bulan Ramadan, Awas Jangan Sedekah Disertai Nomor Urut!

Politik

Anies-Gatot Bisa Kalahkan Jokowi