Korban Rumah Roboh di Cigudeg Sudah Direlokasi

Korban Rumah Roboh di Cigudeg Sudah Direlokasi

BOGOR – Korban rumah roboh akibat angin kencang yang disertai hujan deras pada Rabu (28/10/2020) dinihari lalu, akhirnya direlokasi oleh Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor bersama Pemerintah Muspika Cigudeg, Kamis (29/10/2020) sore.

Camat Cigudeg, Pardi mengatakan, korban yang bernama Bastiah atau May Oyong sudah disarankan untuk pindah sementara waktu ke rumah tetangganya, yang kebetulan ketua Karang Taruna setempat.

“Ya tadi sore bastiah sudah dipindahkan dari gubuk yang ditempatinya, sekarang sudah tinggal ditempat tetangganya madropi untuk sementara, sambil menunggu bantuan RTLH tahun depan,” terangnya kepada wartawan.

Baca juga :  Warga Desa Lumpang Dipaksa Hirup Bau Bangkai

Diketahui sebelumnya, hujan deras disertai angin kencang melanda dan merusak dua rumah warga Kampung Pasir Angin, RT 02/02, Desa Warga Jaya, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor pada Rabu Malam (28/10/20) sekitar pukul 23.56 WIB.

Pantauan dilokasi, diketahui dua rumah milik Bastiah dan Ujang rusak di bagian atap akibat angin kencang. Atap yang terbuat dari kayu dan bambu berterbangan, sehingga atap rumah tersebut rusak parah akibat tergerus oleh angin.

Baca juga :  Asep Kurnia : Tak Sedikit Pemuda Terlibat Paham Radikalisme dan Terorisme

“Kejadian sekitar pukul 23.56 Wib. Hujan disertai angin berlangsung kurang lebih sekitar 15 menitan. Rumah saya rusak di bagian atapnya,” kata Bastiah, salah satu korban.

Sementara itu Sekdes Warga Jaya, Neneng Sutinah membenarkan, di wilayahnya terdapat dua rumah yang rusak parah dan nyaris roboh akibat diterjang angin kencang dan hujan deras yang melanda.

“Ada dua rumah rusak cukup parah di bagian atap sampai kenteng dan kayunya berterbangan, dan dinding rumah nya pun nyaris ambruk. Ada satu rumah yang terdampak, hanya rusak ringan saja, dan itu sudah dilaporkan oleh Pemerintah desa ke dinas terkait dan pemerintah kecamatan,” terangnya.

Baca juga :  Seorang Warga Sumedang Positif Corona

Neneng menambahkan, kerugian material sekitar Rp70 jutaan. “Tapi alhamdulilah tidak ada korban jiwa,” singkatnya.

Tak lama setelah kejadian, tim BPBD Kabupaten Bogor bersama Kasi PKM Kecamatan Cigudeg dan Karang Taruna pun turun ke lokasi rumah korban untuk melakukan pendataan dan memberikan bantuan logistik bersama Kasi PKM Kecamatan Cigudeg. GUS