Konsolidasi Tim Pelaksana Citarum Harum, Sektor IX Gelar Rakor

BANDUNG, kabar1.com – Upaya optimalkan pelaksanaan program kerjanya tentang penanganan limbah padat rumah tangga dan industri. Satgas Citarum Harum Sektor 9 gelar rakor bersama pengurus Ecovillage Se-Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (03/09).

Dansektor 9 Kol Inf Arief Prayitno menyampaikan 4 hal utama yang menjadi program priorotas Satgas Sektor 9, diantaranya penanganan limbah padat, limbah cair, kerusakan lingkungan serta pelibatan masyarakat dalam menjaga lingkungan sehat kawasan bantaran sungai Citarum.

“Yang tidak kalah penting itu merubah pola pikir warga dalam berprilaku, seperti membuang sampah rumah tangga,” ujarnya di kediaman Taufik Rahman, salah satu ketua Ecovillage yang juga ketua Bumdes Mekar Rahayu, Desa Jayamekar, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Selaku pimpinan, Arief menjabarkan pelibatan anggotanya dalam pelaksanaan program lingkungan sehat Citarum Harum.

Penangannya, jelasnya, terbagi menjadi 3 subsektor, yakni subsektor 1 di Cililin yang cenderung lebih ke persoalan lingkungan, subsektor 2 di Batujajar untuk KJA serta subsektor 3 di Padalarang untuk limbah padat dan cair. “Tiga subsektor itu, pola penanganan berbeda-beda,” jelas Arief.

Masih menurut Arief Beberapa hal yang menarik, menurut Arief, yakni perihal pengolahan sampah organik yang disulap menjadi kompos dan sampah non organik yang di buat menjadi hiasan hasil kreasi Ecovillage Jaya Mekar.

“Ini membuat saya tertarik, karena hampir semua Ecovillage yang ada di KBB bergerak dilingkungan pengolahan sampah padat”, ujarnya.

Pos terkait