Kades Cipeundeuy Bunbun Risnandar Apresiasi Industri Yang Peduli Lingkungan

Kades Cipeundeuy Bunbun Risnandar Apresiasi Industri yang peduli Lingkungan

 

Muat Lebih

PADALARANG, kabar1.com – Dalam rangka meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan perusahaan dan untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan ke area masyarakat, PT.Sarana Makin Mulia (SMM) dan PT. Oriental telah berkomitmen kuat dalam menjaga pengelolaan lingkungan sekitar, baik yang berdampak langsung maupun tidak langsung pada aktifitas lingkungan hidup. Tujuan Program CSR dalam cakupan Bidang Lingkungan adalah untuk menunjang pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan hidup dalam menjaga keseimbangan alam bagi generasi mendatang.Demikian pernyataan Nico selaku Hrd dari Pt. Sarana makin mulia dalam sela-sela silaturahmi dengan Kades Cipeundeuy, DLH Kabupaten Bandung Barat, dan Satgas Citarum Harum di Cimareme jum’at (20/07)

 

Menurut Kades Cipeundey Bunbun Risnandar PT.Sarana Makin Mulia dan PT. Oriental, bukan sekedar mengutamakan bisnis semata. Perusahaan juga berkomitmen memberi kontribusi ke lingkungan alam dan sosial.

 

Perhatian pada lingkungan menjadi salah satu prioritas kepedulian PT. SMM dan PT. Oriental. Seperti diketahui, kepedulian pada lingkungan terus meningkat seiring merosotnya daya dukung bumi. Untuk itu, PT. SMM dan PT. Oriental harus terus melakukan aksi kepedulian lingkungan seperti menekan polusi air, mengolah limbah dengan bijak, serta penghematan energi dan emisi.

 

Dansub Sektor 9 Kapten Dedi K mengatakan bahwa, dalam menjaga dan melestarikan lingkungan bukan hanya tugas pemerintah tetapi juga merupakan tanggung jawab kita bersama terutama dalam lingkungan masyarakat itu sendiri. Jika kita memperhatikan kondisi lingkungan disekitar kita sekarang ini, masih banyak yang mengalami kerusakan sebagai akibat karena masih sedikitnya jumlah masyarakat yang mengerti dan peduli terhadap upaya pengelolaan lingkungan yang baik. Sudah sepantasnya kita memperhatikan fenomena-fenomena alam yang telah terjadi guna melestarikan lingkungan di masa yang akan datang.

 

Namun, jika dipikirkan kembali sampah dan limbah yang sering dikeluh-keluhkan oleh sekian banyak masyarakat, seandainya dikelola melalui proses pengelolaan dan proses produksi dilakukan dengan keterampilan yang baik, maka sampah tersebut bisa menjadi suatu keunikan dan menjadi suatu produk yang bermutu dan berguna atau bermanfaat bagi orang lain yang memiliki nilai jual yang tinggi. Karenanya untuk  melaksanakan semua kegiatan dalam pelestarian lingkungan ada 3 hal yang bisa dijadikan acuan yaitu 3D, dimulai dari kecil, dimulai dari diri sendiri, dimulai dari sekarang. Sedangkan dalam mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan rumah tangga, industri dan kegiatan lainnya bisa menggunakan prinsip  3R, yaitu “Reduce, Reuse, Recycle”.

 

Dimana Reduce disini ialah mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya limbah contohnya penggunaan sapu tangan untuk menghapus keringat yang dapat mengurangi limbah dari kertas tissue yang digunakan  , Reuse ialah kegiatan penggunaan kembali limbah-limbah yang masih bisa digunakan untuk suatu fungsi tertentu atau fungsi lainnya contoh wadah atau kantong yang dapat digunakan berulang-ulang dan baterai yang dapat di charge sehingga dapat digunakan kembali, sedangkan Recycle ialah pengolahan limbah sehingga menjadi sesuatu produk yang baru contohnya kertas, karton, plastik, dan berbagai limbah organik lainnya. Oleh karena itu perlunya kesadaran dalam masyarakat itu sendiri dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan dengan memanfaatkan limbah atau segala sesuatu yang ada. Dengan harapan masyarakat, generasi yang sekarang dan yang akan datang dapat lebih memperdulikan lingkungan sekitar dan dapat lebih memahami cara pengolahan limbah dengan baik dan benar.ACP