BOGOR, www.kabar1.com – Kalangan pelajar dan mahasiswa tercatat sebagai pengkonsumsi terbanyak narkoba di Kabupaten Bogor. Bahkan, ditahun 2017 ada 87 orang yang direhabilitasi. Data ini diperoleh www.kabar1.com dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bogor.

Kepala Seksi dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) di BNNK Kabupaten (BNNK) Bogor, Rika Indriati mengungkapkan, saat ini Kabupaten Bogor berada dalam fase darurat narkoba, karena peredaran narkoba sudah masuk ke kalangan pelajar. “Rata-rata mereka yang menjadi pencandu awalnya hanya mencoba-coba hingga akhirnya menjadi pemakai teratur atau aktif dan kecanduan” ujarnya.

Menurutnya, sedangkan penggunaan narkoba di kalangan pelajar di indikasikan akan mengalami peningkatan karena maraknya narkotika jenis baru. Peredaran narkoba jenis baru ini menyasar ke kalangan pelajar dan mahasiswa.

Saat ini di dunia diperkirakan terdapat sebanyak 200 narkotika jenis baru. Dari jumlah tersebut, kata dia, yang sudah terdeteksi beredar di Indonesia mencapai sebanyak 68 jenis narkoba. Sebanyak 60 narkoba baru sudah masuk Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) dan Undang-Undang Narkotika.

“Di kabupaten Bogor jenis narkotika yang banyak digunakan pertama shabu, ganja dan obat penenang jenis  dextromethrophan, tramadol dan jenis lainnya,” katanya.

Saat ini ada tiga jenis narkotika yang penggunaannya marak di Kabupaten Bogor. Yakni, tembakau cap gorila (tembakau yang diberi cairan adiktif), sabu hitam/sabu cair (turunan ekstasi) dan syntetic cathinone (ganja sintetis). Sedang untuk anak sekolah kebanyakan mengunakan obat penenang dan ganja.

“Dari 2014 hingga pertengahan 2016 kasus narkoba di Kabupaten Bogor cenderung meningkat. Wilayah Barat, Timur dan Selatan Kabupaten Bogor men­jadi zona merah peredaran narkoba untuk kalangan pela­jar. Kami belum memiliki data pasti, tapi sekarang kami sedang merehabilitasi 338 ka­tegori remaja atau pelajar di sepuluh pusat rehabilitasi yang ada di Kabupaten Bogor. Se­bagian dari mereka berstatus sebagai pelajar,” jelas Rika.FUZ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

2 ABG Alami Pelecehan Seksual Dalam Angkot

BOGOR, www.kabar1.com – Dua anak baru gede (abg) berinisial N alias Bunga…

Geng Motor Asal Depok Resahkan Warga Bojonggede

BOGOR, www.kabar1.com – Warga Bojonggede resah. Dalam tiga hari ke belakang ini,…

Penegakan Hukum Disorot

JAKARTA, www.kabar1.com – Penegakan hukum di Indonesia disorot. Ketua F-PPP DPR RI…

Irjen Pol Agung Budi Maryoto Tegaskan Netralitas Polri dan TNI Pilkada Jawa Barat

BANDUNG, www.kabar1.com – Guna menjaga kondusifitas jelang perhelatan pesta demokrasi Jawa Barat…